News / Aktual

Akibat Hujan Deras Petani Gagal Panen

Akibat Hujan Deras Petani Gagal Panen

Aktual - Hujan Deras yang turun beberapa hari ini telah mengakibatkan Petani Blewah di Lamongan Gagal Panen, Selasa (03/11/2020).

 

Lamongan. Katusba.com

Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Lamongan 3 hari berturut-turut mengakibatkan para petani Buah Semangka dan Blewah di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng mengalami gagal panen. Semangka dan blewah yang siap untuk dipanen harus terendam air sehingga mengakibatkan buah menjadi busuk. Hal tersebut mengakibatkan para petani rugi hingga ratusan juta rupiah.

 

Seorang petani yang bernama Pardi, menuturkan "Buah kami menjadi busuk karena terendam air yang disebabkan hujan deras. Kami mengalami kerugian yang banyak".

 

Selain itu, Ketua Gapoktan Rukun Makmur Desa Latukan mengatakan "Gagal panen ini disebabkan oleh cuaca hujan yang tidak bisa diprediksi. Yang terpenting setelah ini petani akan kami koordinasikan untuk segera melakukan tanam padi," ungkap Bambang Sutedjo.

 

Jika saat musim panen raya buah semangka dan blewah tiba para petani Desa Latukan bisa meraup keuntungan jutaan hingga puluhan juta rupiah per petak sawah. Serta ada acara rutinan Festival Pesta Buah sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Allah. Desa Latukan merupakan komoditas terbesar semangka se-Kabupaten Lamongan. Dengan rasa yang khas semangka dan blewah dari Lamongan ini sangat segar dan manis.(*)

 

Reporter: M. Rizal Arifin

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!