News / Aktual

Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara Propinsi Jawa Tengah Telah Terbentuk

Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara Propinsi Jawa Tengah  Telah Terbentuk

Aktual - Semarang - Diera modern ini, ancaman yang bisa mengganggu kedaulatan negara semakin komplek, tidak hanya ancaman militer tetapi ancaman non militer semakin mendominasi seperti terorisme, radikalisme, sparatisme, cyber crime, krisis keuangan dan lain sebagainya.

   

Guna menangkal ancaman terhadap kedaulatan negara, maka pemerintah mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara.

 

Para peserta Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara, terdiri dari berbagai macam tingkatan profesi dan keahlian. Dari pendidikan dan pelatihan tersebut diharapkan menghasilkan Kader Bela Negara yang patriotik, cinta tanah air, mengutamakan kepentingan umum dan juga  sebagai benteng serta pembela Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan UUD 1945.

 

Kader Bela Negara membentuk wadah khusus, yang bernama Forum Kader Bela Negara ( FKBN )

FKBN didirikan secara bottom - up/ dari bawah ke atas. Dari tingkat Propinsi ke Pusat. Senin 31 Mei 2021

 

Rama ( 59 th ) pemegang Surat Mandat No. 085/BKP/FKBN/SM/IV/2021 yang telah ditandatangani oleh  Angga Rahardian Tirtawijaya selaku Kepala Badan Koordinator Pusat Forum Kader Bela Negara, diberi tugas untuk membentuk kepengurusan Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara Propinsi Jawa Tengah ( Bakorwil FKBN Prop. Jateng).

 

Pada hari Sabtu tanggal 29 Mei 2021. bertempat di Sako Resto. Jl. Singosari Raya No. 33 Semarang. Rama mengadakan pertemuan dengan para calon pengurus FKBN Jateng.

 

Dalam pertemuan tersebut, Rama menjelaskan tentang Fungsi Forum Kader Bela Negara :

" 1. FKBN sebagai salah satu sumber rekrutmen Pertahanan Negara, yang siap mempertahankan dan menjaga Kedaulatan  Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  2. FKBN sebagai wadah dan gerakan perjuangan bagi seluruh komponen bangsa yang memiliki kesadaran dan komitmen untuk membangun Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  3. FKBN sebagai mitra pemerintah dalam mensosialisasikan Kesadaran Bela Negara bagi seluruh warga negara dalam rangka membangun watak dan moral bangsa."

 

Setelah melalui berbagai macam diskusi dan pertimbangan, akhirnya terbentuk susunan pengurus Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara Propinsi Jawa Tengah (Bakorwil FKBN Prop Jateng).

 

Pada saat jumpa pers, kepada reporter Rama menjelaskan :

"Susunan kepengurusan FKBN Propinsi Jawa Tengah sudah terbentuk. Hanya saja secara final akan kita umumkan minggu depan beserta jadwal acara pelantikan pengurus. Oleh karena itu mohon bersabar," jelas Rama.

 

"Kepada rekan media beserta warga Jawa Tengah saya minta doa dan bantuannya, agar FKBN Propinsi Jateng bisa mengemban amanah serta melaksanan tugas dalam mewujudkan dan mensosialisasikan Kesadaran warga masyarakat dalam Berbela Negara demi Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan UUD 1945" Tutur Rama sembari pamit karena masih ada keperluan lain.

 

Reporter : Beni

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!