News / Aktual

Bawaslu Adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilbup Kuantan Singingi

Bawaslu  Adakan Sosialisasi Pengawasan  Partisipatif  Pilbup  Kuantan Singingi

Aktual - KUANTAN SINGINGI.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Kuantan Singingi Selasa (03/11/2020) di Meeting Room RM Sederhana Teluk Kuantan, mengadakan Sosialisasi Pengawasan Parsitipatif Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuantan Singingi. Dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Provinsi Riau bidang Komdis Pengawasan & Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Riau Neil Antariksa , A.Md, SH ,MH yang bertindak sebagai salah satu Narasumber bersama dua orang narasumber lainnya yakni Kapolres Kuantan Singingi yang diwakili oleh Kasat Intel Polres Kuantan Singingi Iptu Riand Samudro,Sik dan Jubir Covid-19 Kabupaten Kuantan Singingi dr.Amelia Nasrin.

Ketua Bawaslu Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra, SH yang diwakili oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Teddy Niswansyah mengatakan, “Saat ini kita sudah memasuki masa Kampanye Calon Bupati dan Wakil Bupati. Dalam pelaksanaan Kampanye di masa Pandemi Covid-19 ini ada ketentuan yang harus diterapkan oleh Pasangan Calon dalam berkampanye.”

“Yang menjadi Fokus utama pengawasan Bawaslu adalah soal Penerapan Protokoler Kesehatan yakni jumlah peserta kampanye dibatasi maksimal hanya sebanyak 50 orang saja dan itu harus dilaksanakan diruangan atau dirumah dan selanjutnya harus memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak “ ujar Teddy Niswansyah.

Dalam Kesempatan tersebut Neil Antariksa,A.Md,SH, MH mengatakan, “Dari Indeks Kerawanan Pilkada yang dirilis oleh Bawaslu RI, Kabupaten Kuantan Singingi dari 9 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada di Tahun 2020 ini Kuantan Singingi merupakan Peringkat Pertama yang rawan di Provinsi Riau . Setelah Covid ini Indeks Kerawanan ini dirilis dari bulan ke bulan sedangkan dalam Pemilu dan Pilkada sebelumnya hanya sekali rilis saja”

Juru Bicara Covid-19 Kuantan Singingi dr. Amelia Nasrin mengatakan, “Kepatuhan dan kedisiplinan kita akan Protokoler Kesehatan itu sangat membantu dalam memutus atau mengurangi mata rantai penyebaran Covid-19 ini dengan memakai masker dengan benar, sering-sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitaiser dan menghindari keramaian. kasus positif covid-19 pertama di Kuantan Singingi ini pada akhir Juni dan sampai saat ini yang positif sudah 593 sampel dari 2.908 sampel yang sudah diperiksa atau gradenya hampir 20% sementara pandemi ini bisa dikatakan terkendali kalau posisi titik gradenya dibawah 5% .

Kapolres Kuantan Singingi diwakili oleh Kasat Intel Iptu Riand Samudro,Sik meyampaikan, “Sampai saat ini Permintaan untuk Pengurusan  STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan) di Kuantan Singingi saat ini masih rendah dibandingkan dengan 9 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Riau. Dari awal Kampanye pada tanggal 26 September 2020 sampai dengan saat ini baru 136 STTP yang dikeluarkan untuk ketiga Calon Bupati dan Wakil Bupati . Ada hal yang berbeda disini dengan tahun sebelumnya dimana kita tidak dalam situasi pandemi , kita termasuk salah satu Kabupaten yang apabila analisa kami di Internal Istansi Kepolisian yang memiliki STTP terendah dalam arti kata menjadi pertanyaan apakah disini karena partisipasi masyarakat yang rendah ataukah mungkin dalam hal kepengurusan STTP dari Paslon yang rendah dalam artian Paslon tidak mengurus STTP.

Diakhir acara dilakukan Penandatanganan Deklarasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020 oleh seluruh undangan yang hadir .

Reporter  : Eradotus/*A.Er

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!