News / Aktual

Beternak Ayam Kampung Menjadi Salah Satu Solusi di Masa Pandemi Covid-19

Beternak Ayam Kampung Menjadi Salah Satu Solusi di Masa Pandemi Covid-19

Aktual - Seorang warga di Jalan Jalur 03 Barat Desa Tebing Karya Mandiri Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, mengembangkan usaha ayam dari jenis lokal (Ayam Kampung), Rabu (18/11/2020).

Mesuji. Katusba.com

Warga bernama Zepri (33) salah satu peternak ayam kampung menceritakan kepada tim Katusba.com awal mulanya menjadi peternak ayam kampung,  

"sebelumnya saya beternak ayam hanya untuk usaha sampingan saja, namun karena banyaknya permintaan ayam kampung baik daging maupun telurnya, maka ternak ayam kampung sekarang saya jadikan usaha untuk yang menetap artinya bukan usaha sampingan lagi," Katanya.

 

“Hari ini saya mendapatkan pesanan lumayan banyak dari warga sekitar, karena sekarang ini kan sudah memasuki masa-masa new normal dan dibulan ini juga masih musimnya orang hajatan, jadi banyak pesenan,” lanjut  Zepri .

 

Bayu(32) warga kampung sebelah yang menjadi langganan ayam kampung , nengaku sudah lama mengenal Zepri, "Saya tau betul tadinya bung Zep (sapaan akrab zepri)red  hanya menernak ayam kampung sedikit, namun sekarang sudah menernak dengan skala besar," Ungkapnya.

 

" diakhir bulan ini saya pesan ayam kampung sekitar 45 kilo untuk acara hajatan khitanan anak kedua saya," imbuhnya.

 

Ayam kampung adalah ayam lokal asli, Dulu kala ayam ini dari ayam hutan yang telah dijinakan, Meskipun sekarang banyak dijumpai hasil silangan ayam kampung untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi. Namun kelebihan ayam kampung memiliki daya tahan yang cukup baik/kuat terhadap berbagai macam penyakit, dan yang lebih penting adalah daging dan telurnya yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi maka dari itu ayam kampung lebih banyak diminati oleh masyarakat dibandingkan ayam potong pedaging atau boiler.

 

 

Tidak dipungkiri lagi, bisnis ternak ayam kampung jadi salah satu usaha yang menjanjikan dalam masa Pandemi Covid-19, Dari hari ke hari permintaan daging ayam ini selalu naik, Semakin banyak restoran hingga warung pinggir jalan yang menjual santapan menu ayam kampung.

 

Harga ayam kampung juga relatif stabil dibandingkan ayam potong pedaging atau boiler yang kerap kali anjlok di tingkat peternak, terutama di peternak mandiri.(*)

 

Reporter: Sultoni

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!