News / Aktual

Bupati Anna Sebut ; Kunjungan Pakde Karwo Di Bojonegoro Menjadi Energi Positif Transformasi Digital

Bupati Anna Sebut ; Kunjungan Pakde Karwo Di Bojonegoro Menjadi Energi Positif Transformasi Digital

Aktual - Bojonegoro-, Seusai Kunjungan dari Desa Dempel Kab. Ngawi pada Rabu kemarin, kini giliran Desa Prayungan Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegoro terima kunjungan Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres) DR. H. Soekarwo, SH.,M.HUM atau yang lebih akrab disapa 'Pakde Karwo' pada Kamis 25/03/2021 di Balai Desa Prayungan. Maksud dan tujuan lawatan Pakde Karwo di Desa Prayungan yakni dalam rangka pengumpulan data dan informasi Desa terkait penerapan teknologi informatika dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Desa Prayungan.

 

Disamping itu, kunjungan mantan Gubernur Jatim tersebut juga untuk melakukan kajian literasi informasi untuk membangun kebudayaan bersama di dampingi Tim Kajian. Hal ini sebagai wujud implementasi keberhasilan Desa Prayungan yang telah berhasil meraih 3 penghargan sekaligus pada Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik KI Award tahun 2020 lalu untuk kategori penyedia layanan informasi tersedia setiap saat terbaik, kategori penyedia layanan informasi terbaik, dan kategori Badan publik menuju informatif terbaik Provinsi Jawa Timur.

 

Di era 4.0 sekarang ini menurut Pakde mengajak masyarakat harus berdamai dengan digital, mengingat pandemi covid 19 saat ini sangat berdampak pada turunnya nilai perekonomian masyarakat, terpuruknya UMKM, sehingga banyak orang miskin lama dan munculnya orang miskin baru, tingkat kriminalitas meningkat, dan angka perceraian yang semakin tinggi.

 

Patut untuk belajar di Desa Prayungan, penggunaan teknologi informasi tidak hanya dimanfaatkan untuk urusan Pemerintahan Desa (pelayanan masyarakat, perizinan) namun juga dimanfaatkan juga sebagai media guna meningkatan kesejahteraan masyarakat, yang terakomodir dari aspirasi masyarakat.

 

Lebih lanjut menurut Pakde, hal terpenting transformasi yang harus dilakukan saat ini adalah transformasi digital, ini bukan permasalahan Bojonegoro saja, melainkan permasalahan seluruh dunia, "siapa yang survive adalah mereka yang bisa berkolaborasi dengan perkembangan teknologi sesuai dengan konsep kesejahteraan".

 

Dalam kesempatan yang sama Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah ungkapkan, kunjungan Wantimpres Pakde Karwo menjadi energi positif tersendiri guna mendukung transformasi digital. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan, diantaranya infra struktur, sarana dan prasarana, juga SDM yang memiliki keahlian di bidang IT. Semenjak dunia mencanangkan 4.0. Sejak tahun 2000 telah meminta kepada Kementrian Aparatur Sipil Negara Reformasi Dan Birokrasi yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektrinik (SPBE) bisa terlaksana dengan baik. Untuk menyiapkan hal tersebut Kabupaten Bojonegoro telah mengusulkan recruitment 1000 CPNS dimana 145 orang adalah yang memiliki keahlian di bidang IT.

 

Hadir pula Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, beliau sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Prayungan atas keberhasilan penerapan pemanfaatan teknologi informasi baik di lingkup Pelayanan Pemerintahan  dan masyarakat, "Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan selalu mendukung transformasi digital terhadap Pemerintahan Desa yang lainnya, karena dampak pandemi covid 19 saat ini teknologi digital bisa menjadikan alternatif.

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!