News / Aktual

Bupati Madiun Giat Budidaya Tanaman Akar Wangi, ini Alasanya

Bupati Madiun Giat Budidaya Tanaman Akar Wangi, ini Alasanya

Aktual - MADIUN — Pemerintah Kabupaten Madiun giat menanam akar wangi atau Vertiver, Akar wangi ini diharapkan mampu berfungsi sebagai salah satu upaya mitigasi bencana, mencegah tanah longsor dan banjir, serta memperingati Hari Air Dunia yang ke XXIX th 2021.

Giat pembudidayaan Akar wangi di Dusun Dolog, Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, di pimpin langsung Bupati Madiun H. A Dawami beserta Wakil H. Hari Wuryanto, seluruh jajaran Pemkab Madiun, Dinas terkait, Muspika Kecamatan Kare,Relawan dari masyarakat dan anggota Kampung Pesilat, Senin (22/03/2021).

Akar wangi atau Narwastu dengan nama ilmiahnya (Chrysopogon Zizanioides) adalah tumbuhan sejenis rumput yang dipercaya mampu mencegah longsor serta bisa mereduksi dampak pencemaran limbah berbahaya juga bisa untuk bahan minyak wangi.

Bupati Madiun dalam sambutanya, menyampaikan perlunya menanam Akar Wangi, "Pagi hari ini kita pilih Dusun Dolog, Desa Cermo untuk menjadi tempat pembudidayaan Akar Wangi, karena Akar Wangi ini selain bermanfaat untuk pelestarian lingkungan juga ada nilai ekonomisnya, dan nanti satu tahun kemudian pemerintah hadir bagaimana cara pemanfaatan Akar Wangi untuk menjadi bahan baku minyak. Selain itu yg paling penting untuk pencegahan bencana karena Akar Wangi ini akarnya bisa menancap sampai 5,2m sehingga bisa menjadi patok-patok pencegahan tanah longsor atau yg di sebut Vertiver," kata bupati.

"Harapan kita semua, pembudidayaan akar wangi di Desa Cermo ini nanti akan bisa menyebar ke seluruh Kabupaten Madiun, terutama wilayah rawan longsor baik itu di pegunungan atau wilayah sungai yang rawan longsot," sambung Bupati.

Lebih lanjut bupati menyampaikan rasa terima kasihnya pada semua yang hadir dan terlibat dalam acara tersebut,

"Terimakasih atas kebersamaannya dan tetap jaga jaraknya walaupun kita kerja bakti tapi Protokol Kesehatan yg paling utama dan semoga kita selalu di beri kesehatan," pungkas bupati.

Di tempat terpisah Sukiman, Kepala Desa Cermo, yang berhasil kami temui, menyampaikan terimakasihnya atas giat kunjungan Bupati Madiun,

"Kami sangat senang dan bangga atas kujungan langsung Bapak Bupati Madiun, Wakil Bupati Madiun, Forkopimda Kabupaten Madiun, semua jajaran terkait dan Dinas terkait Kabupaten Madiun, semoga kegiatan di Desa Cermo ini nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat desa kami kususnya dan masyarakat Kabupaten Madiun pada umumnya," ungjap kades.

Lebih lanjut, Sukiman  menyampaikan harapanya kepada masyarakat Desa Cerma, " Dengan kunjungan dan kegiatan yg di pimpin langsung dari Bapak Bupati ini kami berharap agar semua warga masyarakat(Desa) Cermo untuk lebih peduli lagi terhadap kelestarian lingkungan agar  bisa menjaga/mengurangi resiko bencana, yang mana bencana merupakan urusan dan tanggung jawab bersama,"jelas kades(*)

Reporter: Bambang shenet.

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!