News / Aktual

Dimulai Hari Ini Bandung "EUNDEUR" oleh Genjlong Jaipong

Dimulai Hari Ini Bandung "EUNDEUR" oleh Genjlong Jaipong

Aktual - Bandung. Katusba.com ~ Ajang kontestasi tari jaipong yang diikuti oleh 280 peserta setelah melalui penyortiran panitia dan dibagi dalam 4 kategori yaitu, kategori Tunggal SD, Tunggal Umum, Rampak SD dan Rampak Umum ini akan berlangsung dari tanggal 25 – 28 Maret 2021, Kamis (25/03/21).

Area Graha Persada Cileunyi merupakan tempat yang dipilih untuk penyelenggaraan event pencarian bakat penari Jaipong yang Best Kostum, Koreografer Terbaik dan Potogenic ini diprakarsai oleh Gempa Organizer dan Giri Palamarta.

Salah seorang peserta Genjlong Jaipong yang diwawancara awak media BadugaNews.com bernama Raizha Nur Fajriah (8) nomor urut 30, 

merasa senang dengan adanya event Genjlong Jaipong ini dan ketika ditanya apa harapan Raizha mengikuti event ini?

“Ingin menang juara ke 1,” teriaknya penuh semangat.

Pendapat orang tua peserta,

“Saya sebagai orang tua peserta sangat mengapresiasi dengan adanya event ini, karena melestarikan Budaya Sunda adalah satu keharusan, kalau bukan kita siapa lagi?,” ujar Hidayat Bastaman (53).

Kemudian,

“Ketika saya kecil dulu, membedakan orang yang hajatan itu bisa di dengar dari bentuk musik atau tetabuhan melalui speker pengeras suara, bila terdengar suara Degung bertanda itu hajatan orang nikahan, bila yang terdengar suara pencak silat berarti itu hajatan yang sunatan.Ciri Tradisi yang mulai tergerus zaman harus dilestarikan,” terangnya.

Dewan juri yang menilai ajang ini semuanya profesional dan kompeten di bidang seni dan budaya.

“Tujuan Gempa Organizer mengadakan event ini adalah yang pertama Ngamumulé Budaya Sunda, yang kedua mewadahi bakat anak-anak dalam menari yang nantinya akan menjadi prestasi di sekolah, saya sudah ajukan ini ke Disparbud Jawa Barat. Intinya ialah Budaya Lokal harus punya tempat di dunia pendidikan,” tegas Yusef mengakhiri warta ini.(*)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!