News / Aktual

KECAMATAN KUANTAN TENGAH LAKSANAKAN BIMTEK SDGs

KECAMATAN KUANTAN TENGAH LAKSANAKAN BIMTEK SDGs

Aktual - Pemerintah Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, melaksanakan Bimbingan Teknis Petugas Pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) se-Kecamatan Kuantan Tengah, Rabu (07/04/21).

 

RIAU. Katusba.com ~ Bimbingan Teknis Petugas Pendataan SDGs dilaksanakan di Aula Kantor Camat Kuantan Tengah yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Kasi Pemerintahan Desa se-Kecamatan Kuantan Tengah.

 

Dalam sambutan pembukaannya Camat Kuantan Tengah Agus Iswanto, SSTP menyampaikan bahwa Pendataan SDGs ini diberikan waktu oleh Kementerian Desa dari tanggal 01 Maret sd 31 Mei 2021.

 

“Secara umum SDGs ini adalah bagaimana upaya kita untuk membangun keterpaduan didalam proses pembangunan desa untuk mencapai sebuah sasaran yang diinginkan oleh pemerintah demi kemajuan desa dan kemandirian desa, walaupun Kementerian  Desa melalui Permendes Nomor 13 tahun 2020 sudah secara jelas merinci sasaran dan tujuan SDGs tersebut sebanyak 18 sasaran namun untuk tahun 2021 ini sasaran utamanya ada 10 sasaran yang sudah ditetapkan oleh Kemendes PDT,” papar Camat.

 

Adapun tujuannya adalah memetakan potensi yang ada di desa dengan harapan terbangunnya sebuah data base yang komplit yang bisa memotret setiap potensi yang ada di desa lanjutnya.

 

Sementara itu Permadi Tenaga Ahli P3MD dari Kabupaten Kuantan Singingi yang bertindak sebagai Narasumber dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pendataan SDGs ini sangat penting, dimana nantinya data SDGs ini akan menjadi  acuan oleh Pemerintah dalam Penetapan prioritas Penggunaan dan  Penetapan Dana Desa dan akan memetakan desa sesuai dengan potensinya.

 

Untuk pengisian atau pemutakhiran  Data Indeks Desa Membangun (IDM) akan berbasis dengan  SDGs,

 

"Perlu diketahui untuk pengisian atau pemuktahiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) akan berbasis dengan SDGs," tutupnya.(*)

 

Reporter: Eradotus

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!