News / Aktual

Keluhkan Pelayanan Publik, Warga Kecewa Dengan DPMPTSP Karawang

Keluhkan Pelayanan Publik, Warga Kecewa Dengan DPMPTSP Karawang

Aktual - Karawang -Baru beberapa bulan pemerintahan yang dipimpin Cellica-Aep harus ternodai oleh ulah oknum jajaran yang ada dibawahannya. Dimana kini, pelayanan buruk harus dihadapi oleh seorang warga yang terjadi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang.

 

Warga tersebut bernama Ayu Asmaranti, yang merupakan seorang pengusaha perempuan yang mana bersangkutan pada saat mengurus dokumen Tanda Daftar Perusahaan (TDP) merasa dikecewakan dengan pelayanan yang dilakukan oleh bagian pelayanan DPMPTSP Karawang.

 

Yang mana Kronologis tersebut terjadi. Pada 31 Mei 2021 lalu, Ayu Asmaranti mendatangi kantor DPMPTSP Karawang untuk menanyakan mekanisme dan syarat dalam membuat TDP. Saat itu, ia hanya diberikan tulisan dalam secarik kertas prosedur membuat TDP yang ‘tidak jelas’.

 

Kemudian selang Seminggu , Ayu Asmaranti kembali mendatangi kantor DPMPTSP Karawang pada Rabu (3/6/2021). Karena ia mengaku sedang dikejar waktu oleh kliennya untuk segera mengerjakan sebuah usaha dibidang pengadaan barang dan jasa.

 

Namun setibanya di kantor DPMPTSP Karawang yang kini berpindah di Gedung Pemda II, Ayu Asmaranti mengaku kebingungan. Karena selain tidak ada security yang berjaga untuk mengarahkan setiap pengunjung yang datang, pelayanan buruk juga diberikan DPMPTSP Karawang.

 

dimana pada saat itu seseorang yang berjaga di bagian pelayanan, malah melayaninya kedatangannya dengan ‘sambil makan cemilan’. Padahal saat itu waktu masih menunjukan pukul 10.00 WIB, bukan saatnya jam makan maupun jam istilarah.

 

“Awalnya, saya bertanya kenapa tidak ada security yang berjaga. Sehingga setiap orang yang datang ke DPMPTSP Karawang untuk mengurus izin pasti bingung. Kedua, saya juga heran kenapa mereka melayani masyarakatnya seperti itu, sambil santai dan sambil makan keripik. Padahal belum waktunya jam istirahat,” kata Ayu Asmaranti, saat memberikan keterangan melalui pesan whatshap, Kamis (3/6/2021).

 

Diharapkan Ayu, tingkat pelayanan public di kantor institusi seperti DPMPTSP Karawang dan institusi lainya seharusnya segera dievaluasi secara khusus yang berada dibawah kewenangan Bupati dan Wakil Bupati Karawang. Menurutnya, seharusnya kantor pelayanan pemerintahan seperti DPMPTSP Karawang harus seperti kantor Perpajakan ataupun Bank. Yaitu dimana dipekerjakannya security guna berjaga serta memberikan pengarahan kepada setiap pengunjung yang datang.

 

“Kalau seperti pelayanan kantor DPMPTSP Karawang seperti ini, ya seperti tidak memiliki prosedur pelayanan. Tidak ada security yang berjaga, terus masa melayani masyarakat yang datang sambil santai makan keripik begitu,kurang memiliki atitute” keluhnya.

 

Menurut Ayu, pelayanan kantor DPMPTSP Karawang seperti ini hanya akan menjadi presenden buruk bagi image kinerja Pemkab Karawang.

 

“Masih mending yang datang saya, coba kalau yang datang untuk mengurus izin itu adalah pengusaha di luar Karawang, kan bisa jadi citra negatif bagi pelayanan kantor pemerintahan Karawang,” katanya.

 

Ayu Asmaranti yang juga merupakan Ketua  organisasi OKP yaitu Taruna Merah Putih (TMP) Karawang ini juga menambahkan, ia memahami jika sejak wabah covid-19, semua pelayanan kantor pemerintahan mayoritas menggunakan sistem online. Namun demikian, ia berharap keberadaan kantor DPMPTSP Karawang harus tetap standbay untuk menerima kedatangan masyarakat yang akan menanyakan prosedur kepengurusan izin usaha.

 

Yaitu dimana DPMPTSP Karawang tetap harus memiliki SOP pelayanan yang jelas, seperti layaknya pelayanan kantor Perpajakan maupun di bank-bank swasta yang memiliki security untuk mengarahkan setiap pengunjung, serta menempatkan orang-orang di bagian pelayanan yang memiliki ettitude yang baik.

 

“Setelah saya datang dua kali ke kantor DPMPTSP Karawang, baru saya paham prosedur membuat TDP secara online melalui OSS.go.id. Meskipun ya mereka melayani saya sambil santai sambil makan keripik,” kecewanya lagi.

 

Masih diharapkan Ayu, pelayanan kantor DPMPTSP Karawang seperti ini harus secepatnya dievaluasi. Karena dikhawatirkan akan banyak pengusaha yang kecewa saat hendak mengurus izin usaha di DPMPTSP Karawang.

 

“Semoga kejadian yang saya alami hari ini tidak dialami oleh masyarakat ataupun pengusaha lain. Semoga ke depan ada security yang berjaga di kantor DPMPTSP Karawang. Semoga ke depan bagian pelayanan di kantor itu juga memiliki ettitude yang bagus. Karena ini demi kenyamanan pelayanan masyarakat dan citra pelayanan Pemkab Karawang terhadap masyarakatnya,” pungkas Ayu yang juga aktif sebagai pengurus KNPI Karawang (Sepri)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!