News / Aktual

Kepala Bappeda Litbang Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Kuantan Tengah

Kepala Bappeda Litbang Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Kuantan Tengah

Aktual - Kuantan Singingi - Musyawarah Rencana Pembangunan ( MUSRENBANG) RKPD Tahun 2022 Kabupaten Kuantan Singingi Tingkat Kecamatan Kuantan Tengah  dilaksanakan hari ini Rabu(03/03/2021).

 

Musrenbang yang dilaksanakan di Gedung Balai Adat Teluk Kuantan tersebut dibuka oleh Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Kuantan Singingi Ir. H. Maisir mewakili Bupati Kabupaten Kuantan Singingi.

 

Mengawali sambutannya Camat Kuantan Tengah Agus Iswanto , SSTP menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Kuantan Tengah ini adalah untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat didalam proses perencanaan pembangunan , Mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Kuantan Tengah dan sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan di tingkat Kecamatan dan daerah yang nantinya akan diajukan ke pemerintah melalui perangkat daerah yang membidangi.

 

Camat juga menyampaikan bahwa sesuai dengan alur dan mekanisme Musrenbang Tingkat Desa dan Kelurahan sudah tuntas dilaksanakan sebelum 31 Desember 2020.

"Dan Musrenbang Tahun 2021 ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana karena kita masih dalam suasana pandemi Covid maka sesuai arahan dari Pemerintah Daerah tahun ini kita hanya mengundang Kepala Desa dan BPD ditambah tokoh adat , tokoh masyarakat yang dipilih dengan harapan mampu mewakili pemangku kepentingan yang ada diwilayah Kecamatan Kuantan Tengah,"Kata Camat.

Selanjutnya Camat Kuantan Tengah menyampaikan ekspose kegiatan prioritas untuk rencana pembangunan tahun 2022.

Sementara itu dalam kata sambutannya Kepala Bappeda Litbang Ir. H. Maisir yang mewakili Bupati Kuantan Singingi menyampaikan bahwa sesuai Undang-undang, kegiatan Musrenbang ini harus dilakukan rutin setiap tahun, dimulai dari musrenbang desa sampai terakhir Musrebang Tingkat Nasional.

Lebih lanjut Ir. H. Maisir menyampaikan dengan adanya pandemi Covid-19 menyembabkan perekonomian negara dan masyarakat menjadi terganggu yang mengakibatkan pendapatan negara dan daerah menjadi berkurang sehingga proyek pembangunan yang sudah kita rencanakan tahun sebelumnya tidak jadi dilaksanakan.

"Karena dananya banyak tersedot untuk BLT dan penanganan Covid-19, untuk kegiatan pembangunan Tahun 2021 ini ada 41 Kegiatan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Kuantan Tengah sebagai ibukota Kabupaten diantaranya ada Refokusing Jalan , Pembuatan median Jalan, Pembangunan 4 Unit Kantor Kepala Desa , Pembangunan Stadion Kolam Renang , pembangunan rumah qhorim mesjid agung , Perencanaan pembangunan Rumah Adat Melayu Kuantan Singingi , Pembangunan Pagar Polsek Kuantan Tengah , Pembangunan Puskesmas Teluk Kuantan , Rehap Kantor Pengadilan , Rehap/renovasi Kantor dan Rumah dinas Kejari , Pembangunan Jalan semenisasi , Pembangunan Drainase , Rehabilitasi SDN 09 Seb. Taluk , Bantuan Bibit dan Pupuk , Pembangunan dan penyediaan alat bermain TK Pembina Teluk Kuantan dll,"Papar Maisir.

Tema Musrenbang Tahun 2022 adalah Meningkatkan Perekonomian daerah didukung Infrastruktur yang memadai dengan kualitas Pembangunan Manusia dan Aparatur yang berdaya saing . Tema ini selaras dengan Rencana Kerja Pemerintah Pusat , RKPD Provinsi Riau dan RPJPD Kuantan Singingi Tahun 2005-2025.

Reporter. : Eradotus

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!