News / Aktual

Mantul! Rupiah Pukul Dollar hingga ke Rp13.978

Mantul! Rupiah Pukul Dollar hingga ke Rp13.978

Aktual - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah hari ini, Rabu (6/11/2019), bertahan di level Rp13.978. Demikian fakta yang tersaji dalam data perdagangan Reuters.

Alhasil, posisi rupiah terhadap dolar hari ini merupakan yang terkuat selama beberapa bulan terakhir. Rupiah akhirnya bisa meloloskan diri tekanan dolar pada Rp14.000.

Dalam dua pekan terakhir, pergerakan dollar AS tampak stabil di bawah level Rp 14.100. Secara point to point dibandingkan setahun yang lalu, dollar ada di rentang Rp13.885-15.198.

Kabar baiknya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa nilai tukar rupiah masih memiliki potensi menguat ke depannya.

"Ya, masih ada potensi untuk menguat. Terbukti, pernah beberapa kali di bawah 14.000," ungkapnya.

Penguatan tersebut, menurut Perry, bisa terjadi karena dipicu rendahnya angka inflasi dan prospek ekonomi yang meyakinkan, sehingga kredibilitas ekonomi di Tanah Air lebih terjaga, dan situasi pasar cukup kondusif dengan kebijakan-kebijakan yang ada.

Menurut Perry, sejumlah korporasi yang butuh dolar dan peningkatan pembelian baik impor atau untuk pembayaran, berpengaruh terhadap pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ini. drm

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!