News / Aktual

Pagu Alokasi Dana Desa Kuantan Singingi 2021, Turun

Pagu Alokasi Dana Desa Kuantan Singingi 2021, Turun

Aktual - Kuantan Singingi- Pada hari Rabu (20/01/2021) yang lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi telah mengeluarkan Pagu Alokasi Dana Desa (ADD)dan Bagian Dari Hasil Pajak dan Restribusi Daerah(BDHPDRD) untuk Tahun 2021, Berdasarkan daftar Pagu ADD dan BDHPDRD Tahun 2021 ini terdapat pengurangan dari Tahun 2020.

"Dari Daftar pembagian ADD dan BDHPDRD yang telah kami terima terdapat pengurangan yang cukup signifikan , dimana rata-rata setiap Desa berkurang sekitar 70 jutaan," kata salah seorang Kepala Desa di Kecamatan Kuantan Tengah Sudirman, kepada Katusba.

"Dengan demikian ADD hanya cukup untuk Penghasilan Tetap Perangkat Desa dan Tunjangan BPD, Sedangkan Operasional Pemdes dan BPD dari Dana BDHPDRD," Tambah Sudirman yang merupakan Kepala Desa Pulau Banjar Kari Kecamatan Kuantan Tengah.

Sehubungan dengan hal tersebut Plt, Kadis Sosial PMD Kabupaten Kuantan Singingi Drs Napisman, Rabu (27/01/2021) yang konfirmasi lewat WA mengatakan bahwa :

1. Pemda tetap komit untuk menganggarkan ADD minimal 10% dari penerimaan daerah yang bersumber dari dana perimbangan setelah dikurangi DAK.

2. Jumlah ADD tahun 2021 adalah sebesar 10% dari penerimaan daerah sebagai mana dimaksud poin 1.

3. Jumlah ADD berkurang karena memang penerimaan daerah juga berkurang.

4. Agar APBDes bisa mencukupi kebutuhan desa, diminta setiap desa untuk menggenjot penerimaan desa melalui PADesa dan penerimaan lainnya sesuai ketentuan yg berlaku.

Jadi kita harapkan kepada desa agar dapat meningkatkan PADesnya terutama lewat inovasi dan pengembangan unit-unit Usaha Bumdes yang sudah dimiliki oleh Desa, Tulis Plt Kadis.

Reporter. : Eradotus

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!