News / Aktual

Pelayanan KB Gratis di Masa Pandemi COVID-19

Pelayanan KB Gratis di Masa Pandemi COVID-19

Aktual - Konstribusi Pelayanan KB MKJP di PKM Cimareme, Kecamatan Ngamprah Dalam Upaya Menekan BUMIL RESTI (Ibu Hamil Resiko Tinggi), Kamis (05/11/2020).

             

Bandung Barat. Katusba.com.

Dalam rangka kegiatan Kesatuan Kesrak PKK-Bangga Kencana Kesehatan tahun 2020, UPT DP2KBP3A (Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana , Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kecamatan Ngamprah Kab. Bandung Barat bersinergi dengan Puskesmas Cimareme melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial pelayanan  gratis untuk KB  (IUD dan IMPLANT) serta IVA test  (Rabu, 04///2020).

 

Kegiatan pelayanan KB (Keluarga Berencana) ini  bertujuan untuk menekan angka BUMIL RESTI  ( Ibu Hamil Resiko Tinggi)  dengan indikasi  4 T  (terlalu muda, terlalu tua, terlalu banyak dan terlalu dekat) Sedangkan IVA Test  (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) bertujuan sebagai upaya untuk deteksi dini kanker serviks.

 

Kegiatan KB Safari ini akan dilaksanakan dalam  dua tahap, tahap satu dilaksanakan  pada   Rabu  pertama di bulan Nopember 2020 untuk Desa Cimareme, Margajaya dan Tanimulya , tahap selanjutnya pada  hari Rabu kedua di bulan Nopember 2020 untuk Desa Cilame, Gadobangkong dan Pakuhaji.  

 

Kegiatan Pelayanan KB pada 04 Nopember 2020   diikuti sebanyak 41 Akseptor ( 31 Akseptor IUD  dan 11  akseptor  Implan). Mulai dari Usia 20 tahun  sampai usia 49 tahun. Sebanyak 42, 86% peserta yang sudah memiliki 3 orang anak dan selebihnya  yang baru memiliki 1 atau 2 orang anak

 

Dilihat dari jenis pekerjaan Kepala Keluarga (suami akseptor)  yang dilayani, sebanyak  31 KK  atau 73,81 %  bekerja sebagai Buruh Harian Lepas dan tidak bekerja.

Sedangkan yang mengikuti pelaksanaan IBA TEST adalah sebanyak 36 peserta.

 

Kepala UPT DP2KBP3A Kabupaten Bandung Barat Umi Walmiyati menjelaskan bahwa kegiatan pelayanan KB Gratis ini sebagai upaya untuk pencegahan bertambahnya angka Bumil Resti di wilayah Bandung Barat .

 

"Mengingat masih suasana Pandemi Covid 19, pelaksanaan di bagi menjadi dua Sesion guna mengurai penumpukan massa."

 

Selanjutnya,

 

"kita berharap di tahun 2021 Pandemi Corona Covid 19 segera  berlalu, sehingga kita bisa lebih meningkatkan lagi frekuensi pelayanan KB guna mencegah bertambahnya  angka Bumil resti di wilayah Kecamatan Ngamprah KBB," demikian yang dijelaskannya dalam wawancara kami melalui media Whatsapp.(*)

 

Reporter: Cecep A

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
L
Lailaqodriah466
06 November 2020 - 16:15 WIB

P

Mengirim Balasan