News / Aktual

Pemberangkatan Jemaah Haji 2020 Ditunda, Bagaimana dengan Tahun 2021? ini Jawaban Kemenag

Pemberangkatan Jemaah Haji 2020 Ditunda, Bagaimana dengan Tahun 2021? ini Jawaban Kemenag

Aktual - Karawang.Katusba.com ~ Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang tengah mempersiapkan para calon jemaah Haji untuk diberangkatkan pada musim haji 1442 H/2021 

 

Walau begitu, kepastian akan keberangkatan calon jemaah Haji masih menunggu kejelasan dari Pemerintah Pusat mengingat pandemi Covid-19 belum usai sampai dengan saat ini.

 

"Saya tegaskan hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait keberangkatan jamaah haji, oleh karenanya kami menunggu kebijakan atau informasi resmi dari pemerintah arab saudi sebagai negara tujuan," tutur Humas Kemenag Karawang Deden Mustaqin, saat ditemui kantor Kemenag Karawang. Kamis (1/4/21).

 

Sementara, terkait kuota Calon Haji asal Kabupaten Karawang sebanyak 2165 orang yang merupakan data jemaah haji di Tahun 2020 yang sempat tertunda, yang nanti akan menjadi prioritas yang akan diberangkatan di Tahun ini.

 

"Untuk kuotanya di Karawang sekitar 2165 orang. Dan itu merupakan kuota tahun 2020 yang saat itu gagal diberangkatkan karena pandemi covid- 19. Nah otomatis kouta ini menjadi prioritas untuk diberangkatkan, Namun kami juga tetap menunggu info lebih lanjut apahkah koutanya tetap normal, dibatasi atau lainnya," ungkapnya.

 

Dirinya berharap, agar pandemi covid-19 ini cepat berlalu sehingga tidak ada penundaan kembali terkait keberangkatan jamaah haji, serta kepada jemaah haji kami menghimbau agar mengikuti vaksinansi yang saat ini dilakukan oleh pemerintah.

 

“Mudah-mudahan pandemi covid-19 cepat berlalu di tahun ini sehingga penyelanggaraan ibadah haji dapat dilaksanakan, kemudian kami turut menghimbau agar para jemaah haji bisa melakukan vaksinasi,” ujarnya.

 

Selain itu untuk proses pendaftaran calon jemaah haji terus dilaksanakan.

Meski para calon jemaah haji harus menunggu antrian keberangkatan hingga 10-15 tahun.

 

"Untuk pendaftaran calon jemaah haji hingga kini terus dibuka, namun untuk tahun lalu pendaftar kami batasi 5 orang/hari, untuk tahun ini tidak dibatasi karena sudah mulai zona hijau dan masyarakat diminta bersabar untuk menunggu keberangkatannya," terangnya.

 

Kemudian ada juga jemaah haji yang sudah mendaftar namun menarik kembali pendaftarannya. Akan tetapi jumlahnya tidak begitu besar.

"Untuk jemaah haji yang penarikan setoran lunas terkait keberangkatannya jumlahnya sekitar 21 Orang," pungkasnya. (*Sepri)

 

 

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!