News / Aktual

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Tengah Pandemi, Berikut Tanggapan Mencolok Panitia

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Tengah Pandemi, Berikut Tanggapan Mencolok Panitia

Aktual - Karawang. Katusba.com ~ Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dilakukan di Kabupaten Karawang di laksanakan tepatnya pada Minggu 21 Maret 2021. Pemilihan ini di mulai pada pukul 08:00 sampai dengan 14:00 WIB sesuai dengan yang diperintahkan oleh Peraturan Bupati Karawang Nomor 4 Tahun 2021.

 

Pilkades ini diikuti oleh 530 calon kepala desa dari 177 desa yang tersebar di 29 kecamatan, dengan hak pilih sebanyak 850.845 jiwa yang akan menggunakan hak pilihnya di 1990 tempat pemungutan suara (TPS). Tak terkecuali desa yang berada di Kecamatan Teluk Jambe Timur. Berdasarkan pantaun media delik.com di beberapa desa tersebut seperti Desa Telukjambe, Puseurjaya, Sukaharja, Sukaluyu, dan Sinarbaya. Beragam tanggapan dari kesiapan pilkades serentak  yang ada di desa tersebut. Terutama dalam mengatisipasi penyebaran virus covid-19 ini, dengan protokoler kesehatan yang ada.

 

Ketua Panitia Sebelas Desa Telukjambe Ade Yahya turut menanggapi, "TPS disini terdapat 34, dengan total DPT 11.594. Dimana kami menargetkan 85 Persen partisipasi masyarakat. Sedang untuk protokol kesehatan kami lakukan dengan ketat sesuai dengan intruksi peraturan yang berlaku," terangnya.

 

Kemudian Ketua Panitia dari desa Pusuerjaya Pak Atang juga turut merespon ini, 

“Alat Kesehatan sudah kami sediakan di masing-masing TPS, dengan jumlah 21 TPS. Dengan jumlah hak pilih 8.414, Alhamdulillah sampai saat ini di desa kami pilkades cukup kondusif,” ujarnya.

 

Selanjutnya untuk Pilkades Desa Sinarbaya penyelegara di Ketua oleh Fredy Lainsamputy juga berpendapat,

"Mengenai Prokes sudah kami sosialisasikan dan terapkan. Kemudian untuk para kandidat Kades kami turut melakukan Fakta Integritas dan Surat Pernyataan guna mengatisipasi genjolak yang timbul dikemudian hari. Untuk partisipasi warga sekitar 90 Persen," ungkapnya

 

Setelah itu untuk pelaksanaan Pilkades Desa Sukaluyu Pak Ahmad Jajuli yang merupakan Bendahara Panitia berusaha agar Pilkades ini berjalan sukses. 

"Kami melakukan upaya komunikatif ke para timses dan juga kandidat. Tujuannya agar Pilkades sebelum maupun setelah berjalan kondusif. Untuk total calon kades di desa kami yaitu 5 orang," tegasnya yang juga merupakan sekretaris desa tersebut.

 

Kemudian terakhir, yang juga turut diwawancarai yaitu Desa Sukaharja Pak Wirya selaku ketua panitia berpesan kepada para timses maupun kandidat. 

"Kami sudah berdiskusi dengan para calon, serta mensosialisasikan bahwa Pilkades bukanlah segala-galanya. Sehingga kami ingin Pilkades harus sukses tanpa ekses," Harapnya.(*)

Kontributor: Sepri AS

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!