News / Aktual

PENGUKUHAN PERANGKAT ADAT DAN PENAMBALAN GELAR DATUAK BANDARO LELO BUDI DILAKSANAKAN

PENGUKUHAN PERANGKAT ADAT DAN PENAMBALAN GELAR DATUAK BANDARO LELO BUDI DILAKSANAKAN

Aktual - KETUA LAMR Kabupaten Kuantan Singingi hadiri pengukuhan Perangkat Adat Kenegeriaan Kari dan Penambalan gelar DATUAK BANDARO LELO BUDI, Minggu (11/04/21).

 

Kuantan Singingi. Katusba.com ~ Bertempat di Danau Mesjid Koto Kari, telah dilaksanakan Pengukuhan Perangkat Adat Kenegerian Kari ( Penghulu nan Barompek, Orang Godang yang 16 dan Ketua Lembaga Musyawarah Adat) serta Penambalan Gelar Datuak Bandaro Lelo Budi.

 

Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat  Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kuantan Singingi Datuk Sri Pebri Mahmud beserta beberapa pengurus LAMR Kabupaten Kuantan Singingi, Datuk Penghulu Sutan, Datuk Penghulu Mudo Dubalang, Datuk Pobo, Datuk Simambang , Kepala Desa, Ketua BPD se-Kenegerian Kari dan Tokoh-Tokoh Masyarakat Kenegerian Kari.

 

Adapun Penghulu-penghulu yang dikukuhkan hari ini adalah Syafrilis  Dt. Rajo Penghuluh sebagai Penghulu Suku Melayu , Umar Husin Dt. Mangkuto Simarajo sebagai Penghulu Suku Poliang, Rusman Abbas Dt. Penguluh Rajo sebagai Penghulu Suku Caniago dan H.Maryulis Qadi Dt Reno sebagai penghulu Suku Petopang.

 

Dan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari adalah Darwis Dt. Malin Mudo sebagai Ketua, Nerdi Wantomes, SH sekretaris dan Yulizar sebagai Bendahara.

 

"Agenda kita hari ini ada 4 yakni Pengukuhan Datuk Penghulu, Pengukuhan Orang Godang yang 16 ,Pengukuhan Ketua Lembaga Musyawarah Adat serta Penambalan Gelar Datuak Bandaro Lelo Budi," ujar sekretaris Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari Nerdi Wantomes, SH.

 

Penambalan Gelar Datuak Bandaro Lelo Budi langsung ditambalkan oleh Ketua Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari Darwis Dt Malin Mudo kepada Muhammad Fauzi SH, ME dengan menyarungkan secara simbolis sebilah keris.

 

Dalam Kesempatan tersebut Datuk Sri Pebri Mahmud selaku Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat  LAMR Kabupaten Kuantan Singingi dalam sambutannya mengatakan, sangat terharu sekali dengan dikukuhkannya Datuak Bandaro Lelo Budi , karena waktu beliau pertama kali dikukuhkan sebagai Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat  Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Kuantan Singingi yang menjadi impian atau angan-angannya adalah bertemu dengan Datuk yang bertiga yakni Datuk Simambang dari Kenegerian Sentajo, Datuk Bandaro Lelo Budi dari Kenegerian Kari dan Datuk Pobo dari Kenegerian Kopah. Alhamdulillah hari ini impian dan angan-angan tersebut dapat terwujud dengan telah dikukuhkannya Muhammad Fauzi, SH ME sebagai Datuak Bandaro Lelo Budi.

 

"Kalau kita umpamakan Jalan ketiga datuk ini adalah pangkal jalan, jadi sangat miris rasanya negeri kita ini yang kita katakan negeri beradat tapi kita tidak lagi berdaulat di negeri kita. Mudah-mudahan dengan dimunculkannya kembali lewat diskusi serta kajian yang panjang kehadiran datuk-datuk yang bertiga ini dapat menjadi pemersatu kita di Kuantan," ujar Pebri Mahmud.

 

Dalam sambutannya Muhammad Fauzi, SE ME yang baru ditambalkan sebagai Datuak Bandaro Lelo Budi menyatakan bahwa Datuak Bandaro Lelo Budi Ini bukan oramg godang di Kari cuman beliau tinggal di Kari , datuk orang Kari akan tetapi beliau adalah orang godang Kuantan yang menguasai Kuantan tempo dulu bersama-sama dengan Datuk Pobo dan Datuk Simambang.

 

"Kami berharap nantinya LAMR Kab.Kuantan Singingi dapat melantik Kami bertiga untuk duduk di Kuantan," sambung M.Fauzi.

 

Sementara itu Ketua Forum komunikasi pemuda/i kenegerian kari (FORKOPERI) Zahran Radeska berharap dengan telah dikukuhkannya Perangkat Adat Kenegerian Kari (Penghulu yang borompek, Orang godang 16 dan Ketua Lembaga Musyawarah Adat) serta penambalan gelar Datuak Bandaro Lelo Budi ini dapat lebih mempersatukan seluruh elemen masyarakat Kenegerian Kari demi kemajuan kenegerian kari kedepannya tutupnya.(*)

 

Kontributor: Eradotus

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!