News / Aktual

PILKADes Serentak di Sumedang, Calon Kades: Melelahkan

PILKADes Serentak di Sumedang, Calon Kades: Melelahkan

Aktual - Dikatakan oleh Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Sumedang, Utep Ruspendi banyak penyesuaian aturan terkait Protokol Kesehatan (PROKES) yang secara mendadak harus dilakukan dalam pelaksanaannya nanti, Senin (14/12/2020).

 

Pemilihan Kepala Desa secara serentak akan dilakukan di bulan Desember tahun ini.

 

Ada 88 Desa yang mengadakan dengan ratusan calon Kepala Desa (Kades) siap bertarung dalam kontestasi lokal tersebut.

 

"Semuanya butuh penyesuaian mulai aturan jumlah maksimum pemilih di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga Alat Pelindung Diri yang disiapkan," ujar Utep.

 

"Dalam pelaksanaaanya nanti seluruh panitia akan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dan melaksanakan Protokol Kesehatan dimulai dari pengecekan suhu tubuh dan jaga jarak yang tentu saja wajib bermasker," tambahnya.

 

Pemilihan Kepala Desa inipun menjadi ujian yang berat bagi para calon, dikatakan oleh salah satu calon yang enggan disebut namanya, bahwa kegiatan pilkades kali ini sangat menyita waktu dan menghabiskan biaya.

 

"Kegiatan sosialisasi yang berulang-ulang sangat menyita waktu dan biaya sebagai contohnya," ungkapnya.

 

Sebagai Perangkat Desa dia berharap bahwa Kepala Desa yang terpilih nantinya akan mengindahkan Permendagri No 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa,

 

"Seluruh dinamika yang dilakukan berdasarkan kinerja yang terukur, bukan berdasarkan sentimentil pribadi," harap Utep.

 

"Alasanya, kinerja perangkat desa adalah pekerjaan teknis yang harus melampaui bimtek atau pelatihan yang signifikan dan itu adalah bentuk investasi, sayangnya pemahaman terkait pentingnya perangkat desa yang siap pakai masih kalah dengan situasi kedekatan emosional dengan para pemangku kebijakan di Desa," ujarnya lagi.

 

Untuk PPDI sendiri Utep menginstruksikan kepada seluruh anggotanya disetiap kecamatan agar berlaku netral dan seimbang.

 

"Hal ini penting, sebagai bukti nyata bahwa Perangkat Desa di Kabupaten Sumedang berlaku profesional, demi terwujudnya Good Governance Desa," tutupnya.

 

PILKADES Kabupaten Sumedang akan dilakukan serentak pada tanggal 16 Desember 2020, setelah berulangkali tertunda dengan adanya Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sumedang akan melaksanakannya dengan penyesuaian Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat.(*)

 

Reporter: Fasha

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!