News / Aktual

Ragu Indonesia Bebas Corona, Australia dan AS Bilang Begini

Ragu Indonesia Bebas Corona, Australia dan AS Bilang Begini

Aktual - Klaim Indonesia bebas dari virus corona diragukan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dan seorang diplomat Amerika Serikat (AS).

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mempertanyakan laporan yang menyatakan sampai hari ini belum terjadi satu pun kasus pasien positif terinfeksi virus corona (covid-19) di Indonesia. Hal itu disampaikan dalam wawancara bersama melalui radio 3AW.

Menurut laporan Laman The Sydney Morning Herald, dalam wawancara tersebut Scott menyebut pengakuan Indonesia soal tidak adanya data kasus corona sebagai "fungsi dari kemampuan mereka untuk menguji".

Bahkan dia meragukan kapasitas pemerintah Indonesia untuk menjamin negara bebas dari virus corona.

Morrison menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat besar dan terdiri dari banyak pulau. Dia bilang, akan sulit memberikan jaminan absolut mengenai angka-angka itu.

"Bukan saya tidak sopan. Indonesia memiliki kan sistem kesehatannya berbeda dengan Australia. Dan kami memiliki kapasitas yang berbeda untuk memberikan jaminan tersebut," sambungnya.

Sedangkan Diplomat Amerika Serikat menyampaikan keprihatinannya pada Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengenai penanganan wabah corona di Indonesia.

Para pejabat AS pun menyampaikan beberapa poin soal wabah corona Jakarta, untuk memastikan perlunya Indonesia melakukan lebih banyak upaya untuk mempersiapkan dan melindungi diri dari virus corona, dalam pertemuan tertutup dengan pejabat-pejabat Kesehatan RI.

Diketahui, hingga kini pemerintah masih mengaku bahwa Indonesia bebas dari virus corona. Sedangkan negara-negara tetangga termasuk Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina, telah mengonfirmasi ditemukannya sejumlah kasus corona di negaranya. (*)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!