News / Aktual

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR-RI

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR-RI

Aktual - Madiun - Ir. Mindo Sianipar anggota DPR-RI komisi 4, mengadakan giat sosialisasi 4 pilar kebangsaan MPR-RI untuk meningkatkan persatuan & kesatuan bangsa berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 sebagai Ideologi bangsa yang berdasarkan konstitusi dan ketetapan MPR dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara Republik Indonesia.

 

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR-RI di adakan di RM (Rumah Makan) PRINGGITAN, Jl, Raya Caruban - Madiun, Desa Balerejo, Kecamatab Balerejo, Kabupaten Madiun Minggu, (21/03/2021).

 

Sebagai wujud kepedulian penerapan PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk menghadapi masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Madiun, maka kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan hanya mengundang perwakilan PAC (Pengurus Anak Cabang) serta Pengurus Ranting (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) PDI-P, dari perwakilan Karangtaruna dan Pengurus POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) dari 2 Kecamatan di Kabupaten Madiun yaitu Kecamatan Balerejo dan Kecamatan Kare.

 

Luki, selaku Nara sumber Sosialisasi dan menjabat sebagai Ketua 1 Forum Karang Taruna Kabupaten Madiun, menjelaskan tentang maksut dan tujuan 4 Pilar Kebangsaan,

"4 Pilar (Tiang penyangga) Negara yaitu 1. Pancasila, 2. UUD 1945, 3. Bhineka Tunggal Ika, 4. NKRI (Negara Kesatuan Republik Indinesia) adalah 4 pokok yg saling berkaitan dan tidak boleh di tinggalkan untuk bisa menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa yg ber Semboyan Bhineka Tunggal Ika".

 

Lebih lanjut Luki menjelaskan mengapa kita harus memahami Pancasila,

"Kita sebagai warga Negara Indonesia perlu memahami arti dan makna Pancasila, agar bisa mengenal Jati Diri Bangsa, Memiliki Pijakan sebagai Warga Negara, dan bisa menjaga Eksistensi Bangsa, sehingga bisa mengimplementasikan 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu, pembangunan karakter, berjiwa patriot, sikap nasionalisme dan bersifat terbuka tanpa meninggalkan budaya bangsa," Jelasnya.

 

Sukarno selaku ketua PAC Kare yg berhasil kami temui, mengharapkan agar yang hadir dalamm sosialisasi ini bisa menjelaskan apa yg di dapat di masyarakat lingkungannya,

"Saya berharap semuanya bisa menjelaskan atau mensosialisasikan apa yg di dapat dari pertemuan ini ke masyarakat lingkungannya, terutama pengurus Ranting, perwakilan Karang Taruna dan POKDARWIS kec Kare". Jelas Sukarno. (*)

 

Reporter: Bambang shenet

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!