News / Aktual

Tangani Pasien Terinfeksi Corona, Dokter di China Meninggal

Tangani Pasien Terinfeksi Corona, Dokter di China Meninggal

Aktual - Seorang dokter yang perawat pasien virus corona dilaporkan meninggal dunia di Provinsi Hubei, China. Dikabarkan, dokter berusia 62 tahun itu terinfeksi virus yang sama.

Dilansir Reuters dan Channel News Asia, Sabtu (25/1/2020), dokter malang itu bernama Liang Wudong. Dia bertugas di Rumah Sakit Xinhua Hubei, dan merupakan pejuang dalam memerangi wabah virus corona di kota Wuhan, Provinsi Hubei.

South China Morning Post (SCMP) melaporkan bahwa Liang diduga terinfeksi virus corona sejak pekan lalu, sebelum dipindahkan ke Rumah Sakit Jinyintan di Wuhan, dirawat lebih intensif.

Meninggalnya Liang ini menandai kematian pertama dari kalangan profesional medis sejak virus corona mewabah di China.

Pada Sabtu (25/1/2020), otoritas China mengumumkan, virus corona telah menginfeksi 1.287 orang, dan sebagian besarnya ada di Provinsi Hubei. Jumlah korban terus bertambah jadi 41 orang, setelah 15 pasien yang dirawat di Wuhan meninggal dunia.

Asal muasal virus ini dari sebuah pasar hewan di kota Wuhan, dan sekarang telah telah menyebar ke 30 provinsi, wilayah otonomi dan kotapraja di China.

Virus corona baru atau 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV), disebut juga virus corona Wuhan, adalah virus jenis baru yang baru teridentifikasi dan memicu kewaspadaan.

Soalnya, masih banyak hal yang belum diketahui tentang siklus virus ini. Fakta yang sudah terdeteksi adalah virus ini bisa menyebabkan pneumonia, dan dalam beberapa kasus berdampak mematikan.

Gejala virus corona baru antara lain demam, sesak napas parah, ditambah batuk-batuk.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan kebanyakan korban yang tewas akibat virus ini merupakan pasien lanjut usia, yang sebagian besar sudah  memiliki penyakit lain sebelumnya. (*)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!