News / Aktual

Virus DBD Sama Berbahayanya Dengan Covid-19

Virus DBD Sama Berbahayanya  Dengan  Covid-19

Aktual - KOTA BATU.

Bertempat di Balai Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Rabu (4/11/2020) telah diadakan pembinaan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Junrejo dan Desa Tlekung Sehat oleh Forum Komunikasi Kecamatan Junrejo Sehat. Dihadiri  oleh perwakilan dari Forum Kota Batu Sehat dan dari Dinas Kesehatan Kota Batu.

Narasumber Danang Dwi Prayudho Sanitarian UPT Puskesmas Junrejo menyampaikan, “Saat ini kita mengalami pandemi-Covid 19 tetapi jangan remehkan dengan penyakit yang lainnya. Tidak hanya Covid-19 tapi juga nyamuk DBD, nyamuk ini bertelurnya juga ditempat-tempat yang bersih seperti dispenser, tempayan,  aquarium dan kolam. Biasakan untuk berperilaku 3 M (menguras tempat penampungan air, mengubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air). Selain itu hindari gigitan nyamuk, tidur pakai kelambu dan memakai obat nyamuk.”

“Cuaca Kota Batu sudah tidak sedingin dulu lagi, sudah ada potensi penularan  virus DBD. Virus ini ditularkan dari orang ke orang melalui gigitan nyamuk Aedes aegipti sebagai vektor penular.  Jangkauan terbang nyamuk ini 30 sd 400 meter. Nyamuk menjadi infektif setelah menggigit penderita dengue dan tetap infektif selama masa hidupnya,” ujar Danang.

“Untuk pengendaliannya dengan pengendalian vektor penularnya karena infeksi Dengue belum ada obat maupun vaksinnya. Pengendalian penularan dilakukan fogging yaitu pengasapan dengan memakai insektisida Malathion dicampur solar 19 liter. Fogging inipun juga berbahaya bagi lingkungan karena bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan, polusi udara dan keracunan, “ tambah Danang.

Reporter : Arif Erwinadi

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!