News / Aktual

Warga Desa Jangkat Datangi Kantor DPMD Ada Apa, ya?

Warga Desa Jangkat Datangi Kantor DPMD Ada Apa, ya?

Aktual - Ketua lembaga adat Desa Jangkat, Kecamatan Jangkat timur, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, beserta anggota BPD (Badan Permusyawaran Desa) memenuhi undangan Kabid Bina Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Kamis (25/02/2021).

 

Jambi. Katusba.com - Kedatangan mereka untuk menjelaskan atas keputusan adat istiadat Desa Jangkat terkait keputusan yang dijatuhkan kepada Bambang suryanto, untuk membayar denda berupa beras 20 gantang dan  kambing satu ekor.

Bambang Suryanto yang saat ini menjabat sebagai kades telah melanggar adat istiadat desa Jangkat dengan melakukan nikah siri di luar desa jangkat.

Ketua lembaga adat desa jangkat Sapian kepada awak media ini menyampaikan tujuan kedatanganya ke Dinas PMD, "Saya dan anggota BPD datang kesini untuk memenuhi undangan Kabid PMD untuk menjelaskan atas putusan adat yang telah kami jatuhkan pada kades, dan kami juga sudah bikin surat keterangan didepan Kabid,kalau keputusan adat itu mutlak, keputusan lembaga adat bukan direkayasa ataupun keputusan saya sendiri," jelas Sapian.

Anggota BPD Desa Jangkat, Habibullah membenarkan bahwa pada taggal 22 Januari 2021 yang lalu, lembaga adat Desa Jangkat telah menghukum/denda adat desa kepada saudara Bambang yang sekarang menjabat sebagai kades desa jangkat.

"Ya, saya juga hadir dalam sidang lembaga adat waktu itu, karena kades kami sudah melanggar adat istiadat desa kami,maka lembaga adat menjatuh kan hukum adat beras 20   kambing 1 ekor," Sambung Habib.

"Ketua lembaga adat dan anggota BPD berharap kepada pihak yang berkompeten dalam masalah ini agar dapat menindak lanjuti dan memberi sangsi pada kades kami, agar ke depannya tidak terjadi lagi hal  seperti ini," Tutupnya.

Reporter : Gunaipi (tim)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!