News / Aktual

Wilayah Cikampek Dilanda Banjir, Hendrik: Kita Harus Peduli Lingkungan

Wilayah Cikampek Dilanda Banjir, Hendrik: Kita Harus Peduli Lingkungan

Aktual - Akibat intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari ini di wilayah Karawang khususnya di Cikampek mengakibatkan Bendungan Situ Kamojing tidak bisa menampung air derasan curah hujan, Minggu (07/02/21).

 

Karawang. Katusba.com

Beberapa desa di kecamatan Cikampek seperti; Cikampek selatan, Cikampek timur, Dawuan timur, Dawuan Tengah dan sebagian di Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang dilanda banjir dan tergenang air hujan.

 

Hingga saat ini hujan masih mengguyur wilayah tersebut.

 

Hendrik Ketua  Koorda Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia (AHTRMI) jabar memberikan keterangan kepada Katusba.com mengenai penyebab banjir di wilayah Cikampek dan sekitarnya.

 

"Kurang tertatanya saluran air di pemukiman penduduk, kurangnya pepohonan dan kurangnya serapan tanah untuk air selain dari kesadaran masyarakat dalam membuang sampah," ujarnya.

 

Hendrikpun mengkhawatirkan akan terjadinya longsoran di bantaran kali seputar Situ Kamojing dan tanggul-tanggul kali sekitar wilayah Karawang.

 

"Inlah pentingnya penghijauan," tegasnya.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Suwandi warga Cikampek Barat.

"Berkurangnya jumlah pepohonan akan mengakibatkan tanah gampang longsor dan bantaran kali akan semakin menyempit karena tidak adanya penahan," imbuhnya.

Lebih jauh Hendrik menekankan, 

"Semoga ini menjadi perhatian bagi instansi terkait untuk lebih memperhatikan lingkungan, jangan ada oknum yang hanya memanfaatkan lahan namun tidak peduli dari dampak yang akan ditimbulkannya," pungkas Hendrik yang juga dikenal dengan sebutan Abah Dolo.(*)

Reporter: Iwir

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!