FokusKatusba KatusbaLifestyle

10 Tips Jitu Lulus Seleksi CPNS ala PNS Belia Sumedang

Bagikan:
Jujun Misbahudin/katusba.com

KatusbaLifestyle | Kamu ingin lulus CPNS dengan mudah? Baca dulu 10 tips dari PNS muda Jujun Misbahudin (23), yang lolos CPNS Tahun 2018 lalu. Dia kini ditugaskan di Unit Kerja SDN Sukamulya, Kecamatan Paseh,  Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jujun ingin berbagi kiat dengan para peserta seleksi CPNS 2019. Masih hangat-hangat nih tipsnya. Simak yuk!

1. Tentukan Pilihan Formasi

Saat sebelum kamu akan mendaftar yang paling penting adalah kamu mengetahui formasi yang akan dipilih. Misalnya dengan mempertimbangkan daerah saat bekerja (Difikirkan segi jarak dari rumah, jauh atau dekatnya).

2. Cari Tahu Jumlah Formasi Yang Kamu Pilih

Jangan dianggap sepele, ketika kamu tahu jumlah formasi yang kamu pilih, setidaknya kamu memiliki gambaran seberapa besar peluang yang akan kamu dapatkan.

3. Pelajari Unit Kerja Pilihan

Kemampuan kamu dapat diukur oleh dirimu sendiri. Sebaiknya sebelum kamu bekerja nanti, memiliki gambaran hal-hal yang akan kamu lakukan sehingga dimulai saat seleksi kamu sudah menguasainya.

4. Perhatikan Persyaratan Online

Gerbang yang paling utama harus dilewati peserta adalah persyaratan online, jadi apabila salah satu persyaratan kamu tidak dipenuhi maka auto tidak akan masuk ke tahapan seleksi selanjutnya. Terkadang banyak orang yang menyepelekan, seperti misalnya pada persyaratan legalisir ijazah.

5. Persiapkan Mental dan Kemampuan

Kamu bisa pelajari berbagai macam tes yang diujikan pada saat seleksi nanti, meski belum tahu lulus atau tidaknya di tahap pertama. Tapi wajib bagi kamu mengetahui gambaran tes-tes yang akan dilaksanakan.

6. Mulailah Latihan-latihan Melalui buku/Online

Jika kamu berlatih bentuk-bentuk soal, jenis-jenis soal akan mempermudah kamu mencari jawaban terbaik dan juga memperkirakan waktu yang bisa kamu tempuh untuk menyelesaikan soal tersebut.

7. Tingkatkan Hubungan Spritual Dengan Sang Pencipta

Setelah usaha tentunya yang menentukan keberhasilan kamu adalah Allah Swt. Misalnya dengan memperbaiki shalat 5 waktu kamu, perbanyak shalat sunnah seperti tahajud, hajat, dan lainnya.

8. Jangan Mudah Kena Modus

Banyak modus yang beredar di masyarakat, jangan sampai kamu termakan isu-isu yang mengiming-imingi agar kamu lulus CPNS. Kamu harus tahu, tahapan seleksi CPNS sekarang berbeda dengan seleksi  sebelumnya dan tidak memungkinkan ada calo. Kuncinya kamu harus banyak mencari tahu sendiri.

9. Perhatikan Kesehatan Fisik

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jaga kesehatan kamu. Makan-makanan yang sehat dan bergizi, juga banyak berolahraga. Semua harus diperhatikan karena sayang apabila kamu justru tidak bisa menyelesaikan tahapan seleksi, apabila kamu sakit.

10. Ikhlas dan Tawakal

Ini yang paling penting, setelah semua usaha telah kamu lakukan. Langkah selanjutnya adalah ikhlas dengan apapun yang kamu dapatkan dan tawakal terhadap ketentuan Sang Pencipta. may

Editor : Suci Irawati