FokusKatusba KatusbaNews

Bikin Geger, Batu Raksasa Menggelinding dan Timpa 7 Rumah di Purwakarta

Bagikan:
Katusba | Batu raksasa
Dok. Polres Purwakarta/katusba.com

KatusbaNews | Peristiwa menggelindingnya batu raksasa bikin heboh warga Kampung Cihandeleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Batu itu menggelinding dengan cepat dari atas Gunung Miun, dan menghajar sejumlah bangunan, Selasa (8/10/2019) kemarin.

Menurut Kasatreskrim Polres Purwakarta, AKP Handreas Ardian, batu raksasa itu goyah dan menggelinding, diakibatkan adanya aktivitas peledakan batu menggunakan dinamit di tambang milik PT MSS di Kampung Cihandeleum.

“Ya, kemarin itu ada penanganan blasting (peledakan dengan dinamit) di tambang batu andesit, pukul 13.00 WIB, sehingga batu besar tersebut menggelinding,” terang Handreas saat dikonfirmasi, Rabu (9/10/2019).

Batu raksasa itu, sebut Handreas, menggelinding cepat dan menimpa 7 rumah dan 1 sekolah. Namun, tak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

Katusba.com | Batu 2
Dok. Polres Purwakarta/katusba.com

BACA JUGA:

Disebut Hoaks dan Ilegal, Polisi Himbau Warga Berhenti Cari Harta Karun Sriwijaya

Handreas belum bisa memastikan, apakah pada peledakan batu itu terjadi kesalahan perhitungan ataukah tidak. Menurut dia, pihaknya sedang menyelidiki kasus yang menghebohkan tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamulya, Dedy Supriadi, menuturkan bahwa Gunung Miun merupakan area pertambangan batu kapur dan andesit.

“Batu yang menimpa rumah warga itu berasal dari lokasi pertambangan sekitar, di Gunung Miun. Di Gunung itu memang terdapat pertambangan kapur dan andesit,” ucap Dedy. her

Editor: Ghivarra Senandika Rushdie