FokusKatusba KatusbaNews

Debat Keren Soal Papua, Dandhy Tegaskan Akan Bongkar Sekat Informasi

Bagikan di:
Katusba.com | Dandhy Laksono peserta debat keren.
Dandhy Laksono, aktivis yang namanya belakangan mencuat berkat film dokumenter Sexy Killers. (Photo by Beritagar | Katusba.com)

KatusbaNews | Dalam acara Debat Keren soal Papua yang disiarkan secara langsung di youtube Aline TV, Dandhy Laksono yang merupakan aktivis dan sutradara dari film dokumenter Sexy Killers menegaskan akan bongkar sekat informasi.

Dandhy menyatakan bahwa adanya sekat informasi merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam memicu kengerian yang terjadi di tanah Papua.

BACA JUGA:

Debat Soal Papua, Budiman Sudjatmiko: “Susun Ulang Kekuasaan!”

Kengerian yang disebutkan oleh Budiman sebenarnya sudah terjadi sejak dulu, hanya saja informasi ini yang masih banyak disekat,” ujar Dandhy ketika sesi tanya jawab berlangsung pada Sabtu (21/9/2019).

Pendapat Dandhy ini merunut pada fakta bahwa kerusuhan yang terjadi di Papua bukanlah sesuatu yang baru. Menurutnya, hal serupa sudah sering terjadi dan itu menjadi bola panas yang terus dioper-oper antar penguasa dan pejabat yang duduk di jabatannya.

“Semua Presiden yang menjabat maupun pernah menjabat tidak ingin menjadi kambing hitam. Presiden yang kini menjabat tidak ingin Papua lepas saat ia menjabat, begitu juga Kapolri dan Menteri Pertahanan,” jelas Dandhy.

Informasi-informasi yang disebutkan oleh Dandhy itulah yang akan Dandhy ungkapkan dalam upayanya membongkar sekat-sekat informasi. Dandhy menuntut adanya transparansi informasi kepada masyarakat.

Setelah mengungkapkan poin-poinnya, Dandhy pun menutup debat dengan membacakan permintaan-permintaan dari demo mahasiswa Timor Timur yang menuntut adanya pertanggungjawaban mengenai korban yang tumpah pada masa Orde Baru. gsr

Editor: Ghivarra Senandika Rushdie

Ghivarra Senandika Rushdie
Ghivarra Senandika Rushdie
"Bersikap adil semenjak masih dalam pikiran" -Pramoedya Ananta Toer [email protected]

Tinggalkan Komentar