FokusKatusba KatusbaNews

Efek Karhutla, Langit Jambi Bagai Langit di Planet Mars

Bagikan di:

KatusbaNews | Baru-baru ini terjadi fenomena alam yang menarik di wilayah Jambi semenjak Minggu Dini hari (22/9/2019). Langit jambi menjadi merah seakan-akan sedang berada di Planet Mars.

Berdasarkan video yang diunggah oleh akun Irfandy di media sosial twitter, memang terlihat dengan jelas bahwa langit menjadi merah seperti bukan berada di Bumi.

Berdasarkan video sepanjang 44 detik tersebut, terlihat sangat jelas bahwa Jambi kini diduga tengah terkena dampak dari kebakaran hutan liar (Karhutla) yang selalu melanda wilayah Sumatera dan Kalimantan setiap tahunnya.

Bahkan, dalam keadaan siang hari pun langit Jambi masih memerah seperti sedang berada di langit neraka bila mengutip komentar-komentar dari warganet Indonesia.

Katusba.com | Langit Jambi memerah.
Langit Jambi memerah di beberapa kawasan (Katusba.com)

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan langit berubah menjadi merah karena adanya beberapa partikel yang engapung di udara langit Jambi.

Partikel ini bisa jadi merupakan asap dari kebakaran hutan liar yang melanda di wilayah Sumatera. Fenomena ini pun disebut dengan istilah mie scattering seperti dilansir dari Detik.

“Langit memerah karena adanya partikel kecil yang berhamburan di udara dan mempengaruhi sinar Matahari yang kemudian membuat sinar dari langit Jambi memerah,” Ujar Siswanto yang merupakan Kepala Subbidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Minggu (22/9/2019). gsr

Editor: Ghivarra Senandika Rushdie

Ghivarra Senandika Rushdie
Ghivarra Senandika Rushdie
"Bersikap adil semenjak masih dalam pikiran" -Pramoedya Ananta Toer [email protected]

Tinggalkan Komentar