FokusKatusba KatusbaSports

Ini Klasemen Kualifikasi Euro 2020, Grup D Masih Sengit!

Bagikan di:
Katusba | Kualifikasi Euro 2020
Christian Eriksen saat menggocek bola dalam laga melawan Republik Irlandia beberapa waktu lalu dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020. (Photo from BBCSport/Katusba.com)

KatusbaSports | Kualifikasi Euro 2020 semakin mendekati akhir dari perjuangan negara-negara di benua Biru. Kebanyakan negara yang mempunyai tradisi luhur di sepakbola sudah mengamankan tiketnya ke ajang Euro 2020 tersebut.

Namun, beberapa negara yang up and down seperti Denmark, Republik Irlandia, Swiss, bahkan hingga Portugal masih belum juga mengamankan tiketnya.

Dalam laga penentuan yang akan dilangsungkan pada 19 dan 20 November mendatang tersebut akan jelas takdir mereka masing-masing. Inilah klasemen beserta analisisnya:

Dok. Istimewa / Katusba.com

Grup A praktis sudah selesai. Apapun hasil dari pertandingan terakhir nanti tidak akan merubah siapapun yang lolos otomatis ke Euro 2020 dan yang harus melaju ke babak play-off. Inggris dan Republik Ceko lolos otomatis.

Meski saat ini berada di juru kunci, Bulgaria sudah memastikan tiketnya menuju babak play-off karena tampil baik dan menjuarai grup dalam UEFA Nations League sebelumnya.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Grup B adalah salah satu grup yang masih seru untuk disimak. Pasalnya, sang juara bertahan, Portugal, masih butuh kemenangan dalam laga penentuan melawan Luksemburg nanti. Meski bukan lawan tangguh, bukan tidak mungkin CR7 dkk. gagal tampil di Euro 2020.

Skenarionya, apabila Portugal gagal meraih kemenangan melawan Luksemburg, maka Serbia dapat lolos secara otomatis ke ajang Euro 2020 asal mampu menaklukkan Ukraina berapa pun skornya.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Grup C juga sudah selesai dengan Jerman dan Belanda keduanya sama-sama sudah mengamankan slot menuju Euro 2020. Belanda mampu mengamankan slot setelah bermain imbang tanpa gol dalam laga melawan Irlandia Utara sebelumnya.

Meskipun berada di posisi 4, Belarusia sudah memastikan diri lolos ke babak play-off karena tampil baik dan menjuarai grup dalam UEFA Nations League sebelumnya.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Salah satu grup yang masih menarik untuk disimak. Baik Denmark, Swiss, maupun Rep. Irlandia masih memiliki kans untuk lolos secara otomatis. Namun, Swiss berada di posisi di atas angin sedangkan kans Rep. Irlandia untuk lolos sangat tipis.

Denmark akan bertandang ke kandang Rep. Irlandia pada laga selanjutnya. Denmark dan Swiss hanya butuh 1 poin saja untuk lolos, sedangkan Irlandia harus membantai Denmark dengan selisih setidaknya 7-0 dan Swiss gagal menang melawan Gibraltar.

Skenario yang sangat tipis untuk menjadi kenyataan mengingat Gibraltar adalah negara lumbung gol di Grup D. Sedangkan, meskipun berada di posisi juru kunci, Georgia sudah memastikan diri lolos ke babak play-off karena tampil baik dan menjuarai grup dalam UEFA Nations League sebelumnya.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Hungaria, Wales, maupun Slovakia semuanya masih memiliki peluang untuk mendampingi Kroasia sebagai perwakilan dari Grup E. Wales memiliki keuntungan dalam hal ini karena laga terakhirnya adalah menjamu Hungaria di kandang sendiri.

Hungaria dan Wales keduanya membutuhkan kemenangan meski berada di atas Slovakia. Mengapa? karena apabila hasil Wales vs Hungaria berakhir imbang, maka Slovakia yang akan meladeni Azerbaijan hanya butuh kemenangan 1-0 saja untuk lolos ke Euro 2020.

Siapapun yang finis di posisi 4, maka akan gagal tampil di Euro 2020.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Grup F cenderung sudah selesai. Spanyol dan Swedia lolos ke ajang Euro 2020 sedangkan Romania dan Norwegia sudah memastikan tiket ke babak play-off.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Grup G sudah hampir selesai. Polandia dan Austria sudah memastikan tiketnya menuju Euro 2020 dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020. Sedangkan Slovenia sudah memastikan langkahnya pula menuju play-off.

Hanya Israel yang membutuhkan kemenangan agar ditempatkan di grup yang lebih menguntungkan dalam play-off berikutnya.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Perancis dan Turki keduanya sudah mengamankan jalan menuju Euro 2020 di kualifikasi Euro 2020 ini. Perebutan tempat play-off inilah yang akan menarik untuk disimak. Islandia akan bertandang ke kandang Moldova dan hanya membutuhkan hasil imbang.

Sedangkan Albania membutuhkan kemenangan melawan sang juara grup Perancis dengan catatan Islandia harus kalah berapapun hasilnya.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Grup I salah satu dari beberapa grup yang sudah selesai. Belgia dan Rusia sudah memastikan tiketnya sedangkan baik Siprus maupun Kazakhstan memang masih mampu menyusul Skotlandia.

Namun hal tersebut tidak akan membuahkan hasil karena Skotlandia sudah memastikan diri lolos ke babak play-off karena tampil baik dan menjuarai grup dalam UEFA Nations League sebelumnya.

Dok. Istimewa / Katusba.com

Serupa dengan Grup I, Grup J pun sudah selesai meski kualifikasi Euro 2020 masih berlanjut. Italia dan Finlandia berhasil memastikan langkahnya menuju Euro 2020 sedangkan usaha Yunani dan Armenia menjadi sia-sia karena Bosnia-Herzegovina sudah dipastikan lolos ke babak play-off.

Meskipun berada di posisi 5, Bosnia-Herzegovina sudah memastikan diri lolos ke babak play-off karena tampil baik dan menjuarai grup dalam UEFA Nations League sebelumnya.

Berikut ini adalah seeding alias pembagian koefisiensi yang akan digunakan untuk menentukan grup play-off. Tim dengan poin terbanyak dalam salah satu Path akan mendapatkan lawan yang paling ringan dalam grup D berdasarkan poin yang dihasilkan dan begitulah seterusnya.

Path AIslandia, Bulgaria/Israel/Romania, Portugal (apabila disusul Serbia)/Wales/Slovakia/Republik Irlandia/Irlandia Utara
Path BBosnia-Herzegovina, Wales/Slovakia/ Republik Irlandia / Irlandia Utara
Path CSkotlandiaNorwegia, Serbia (apabila kalah oleh Portugal), Bulgaria/Israel/Romania
Path DGeorgiaMakedonia UtaraKosovoBelarusia

ket.) Tim dengan cetak tebal sudah pasti masuk play-off, sedangkan tim yang belum dicetak tebal masih belum tentu masuk play-off.

Editor: Ghivarra Senandika Rushdie

Ghivarra Senandika Rushdie
Ghivarra Senandika Rushdie
"Bersikap adil semenjak masih dalam pikiran" -Pramoedya Ananta Toer [email protected]

Tinggalkan Komentar