FokusKatusba KatusbaLifestyle

Kebakaran Hutan Marak, Tagar #SawitBaik Bikinan Kominfo Tuai Protes

Bagikan di:

Katusba.com | tagar SawitBaik bikin viral
Ilustrasi. net/katusba.com

KatusbaNews | Gara-gara mengampanyekan sawit dengan tagar #SawitBaik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) jadi bulan-bulanan warga Twitter.

Pasalnya, Kominfo telah menyematkan tagar #SawitBaik melalui Twitter.

Langkah Kominfo dianggap tidak pas, karena saat ini beberapa area hutan dan lahan di Indonesia tengah dilanda bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dipicu pembukaan lahan.

Sekarang ini, tagar tersebut telah menjadi trending topic nomor satu dengan tweet yang mencapai lebih dari 10 ribu.

Kehebohan #SawitBaik juga dipicu akun bernama @SawitBaikID yang memiliki pengikut sebanyak 1.330. Rupanya mereka menyelenggarakan Influencer Meeting #SawitBaik.

Faktanya, gagasan tersebut tidak sepenuhnya didukung netizen. Tak sedikit muncul penggunaan tagar yang disertai pernyataan kontra.

Akun @SawitBaikID membuat tweet, “Gerakan Nasional ini menciptakan dukungan publik di medsos, menjawab berbagai isu negatif terhadap sawit, menyebarluaskan berbagai hal positif dari sawit, menumbuhkan kecintaan terhadap produk sawit, dan terwujudnya partisipasi aktif masyarakat dalam kampanye ini #SawitBaik.”.

Tweet kampanye itu menuai “perlawanan” warganet, dan menyebutkan Kementerian Kominfo telah salah memilih momentum untuk kampanye #SawitBaik.

“Doh @kemkominfo gak bisa milih bulan lain apa utk peluncuran #SawitBaik? Kalau kebakaran hutannya krn pembukaan lahan sawit baru, gimana coba? Pakai akun giveaway segala pula,” cetus akun @elisa_jkt.

Protes pun muncul dari Pendiri dan Analisis Drone Emprit Ismail Fahmi.

Ini yang ditulis Ismail Fahmi: “Sekarang bukan saat yg tepat, malah saat yg buruk buat kampanye sawit. Lagi berduka karena kebakaran, yg biasanya dijadikan lahan sawit. Kontraproduktif. Kedua, “never ever” pake give away dan bot. Sangat kontra produktif. Kalau bulan ini main, baiknya di level internasional”.

“Di saat jutaan orang sesak nafasnya akibat kebakaran hutan (perusahaan sawit), kominfo kita malah gencar campaign #SawitBaik Baik ndasmu!” teriak akun @aqfiazfan. cth

Tinggalkan Komentar