FokusKatusba KatusbaNews

Keraton Sumedang Ajak Kaum Belia Akrabi Sejarah dan Budaya

Bagikan di:

KatusbaNews | Keraton Sumedang Larang membuka kesempatan bagi para pemuda yang ada di Kabupaten Sumedang dari kelompok pelajar, mahasiswa, maupun umum yang berusia minimal 15 tahun, untuk jadi bagian dari keluarga besar keraton.

Kepala penanggungjawab Wirayudha Keraton Sumedang Larang, Rangga, mengungkapkan bahwa setiap tahun secara rutin keraton membuka kesempatan bagi kaum muda untuk belajar jadi bagian keluarga keraton.

“Pelatihan akan berlangsung selama 3 bulan, dan untuk saat ini dijadwalkan akan start pada Desember mendatang,” katanya, Selasa (26/11/2019).

Kegiatan pelatihan yang akan diikuti peserta terdiri dari pembinaan terkait sejarah Keraton Sumedang Larang dan kerajaan senusantara, wawasan ikrar wakaf Pangeran Sumedang, diklatsus kewiraan, ulun usik kasumedangan, formasi barisan keprajuritan, seni tempur prajurit Sumedang Larang, dan pembinaan ekonomi kreatif.

Rangga menilai perluasan wawasan bagi kaum muda soal budaya cukup krusial di era digital ini.

“Penting di zaman sekarang untuk mengenal budaya sendiri. Ada kalanya sejarah itu sudah tidak dikenal lagi oleh anak-anak muda. Itulah yang menjadi salah satu target kami, agar mereka lebih mengenal sejarah dan budaya,” kata Rangga. (*)

Editor : Suci Irawati

Mayang Anggarani
Mayang Anggarani
"Bergerak atau tergantikan." Reporter yang cekatan dan hobi solo travelling. [email protected]
https://katusba.com/author/mayang

Tinggalkan Komentar