FokusKatusba KatusbaNews

Musda ke XIII, 6 Calon Ketua KNPI Sumedang Bakal Perebutkan 122 Suara

Bagikan:

KatusbaNews| Menjelang pemilihan Ketua KNPI Kabupaten Sumedang yang akan digelar pada Rabu (11/12/2019), telah dilaksanakan Rapat Pleno Panitia Musda KNPI ke-XIII.

Rapat pleno yang digelar pada Selasa (10/12/2019) ini telah menetapkan sebanyak 6 calon yang siap maju untuk pemilihan Ketua KNPI Sumedang periode 2019-2022 pada Musyawarah Daerah KNPI.

Adapun ke 6 calon tersebut terdiri dari Yansri Mulyani, S.Pd., Cece Raita, Rian Syaifurakhman, S.Pd., Kusmana, Ekky Ahmad Muzaki Ramdhani, S.H, dan Obi Haliman, S.Pd.I.

Pemilihan yang dilaksakan disesuaikan dengan tata tertib yang berlaku pada MUSDA. Adapun teknis yang akan diselenggarakan pada pemilihan yaitu melalui sistem voting.

Ketentuannya, pada  putaran pertama, suara yang harus didapatkan oleh para kandidat agar lolos pada tahap kedua adalah sebanyak 20% dari jumlah suara total.

“Jika tidak mencapai 20% pada putaran pertama, bisa langsung gugur, dan tidak bisa melewati tahap selanjutnya. Artinya, apabila semua calon berada di bawah 50% perolehan suara, maka akan diadakan pemilihan putaran kedua,” kata Joko Kustejo, Ketua Organizing Committee (OC) Musda KNPI ke-XIII Tahun 2019, Selasa (10/12/2019).

Namun, sambung Joko, jika terdapat calon yang telah mendapatkan jumlah suara 50% plus 1 pada putaran pertama, maka yang bersangkutan akan langsung dinyatakan sebagai pemenang.

Adapun total hak pilih yang harus diperebutkan sebanyak 122 suara, masing-masing terdiri dari 96 dari unsur OKP dan 26 dari unsur kecamatan.

“Semoga KNPI menjadi wadah generasi muda, karena potensi pemuda di Kabupaten Sumedang sangat banyak,” sebut Joko.

Joko juga berharap, ketua yang akan terpilih nanti adalah pemuda yang masih fresh baik pemikiran atau pun tenaga.

“Sehingga diharapkan dapat membawa kemajuan bagi KNPI Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Musda ini akan diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB, bertempat di Islamic Center Kabupaten Sumedang. (*)

Editor : Suci Irawati