FokusKatusba KatusbaNews

Sumedang Sukses Gelar Galaksi ke-8, Tapi Ada Catatannya Nih!

Bagikan di:
katusba-galaksi
Galaksi Tahun 2019 di Sumedang/katusba.com

KatusbaNews | Sebanyak 270 siswa sekolah menengah atas (SMA) dari tiap kabupaten/kota yang ada di Jabar unjuk kreativitas dalam kegiatan Galaksi (Gelar Aksi Karakter Siswa Indonesia) ke-8 Tahun 2019, yang digelar di Sumedang, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Peserta melibatkan diri dalam empat mata lomba, yang terdiri dari musabaqah tilawatil Quran (MTQ), stand up comedy, kaulinan barudak, dan karya tulis ilmiah kewirausahaan.

Bupati Kabupaten Sumedang, Doni Ahmad Munir, mengharapkan selain jadi ajang silaturahmi, kegiatan Galaksi ke-8 ini hendaknya jadi wahana bagi siswa untuk mengaktualisasikan potensi dan kreativivitasnya.

Sedangkan peserta asal SMAN 2 Purwakarta, Chaerul Galih, mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Dia menilai Galaksi bisa mengajak siswa untuk mencintai budaya sendiri, terutama pada lomba kaulinan Sunda.

“Saya dan teman-teman menampilkan kaulinan Sunda ucing bela,” katanya.

Sementara itu, Saepul, pendamping kontingen Kabupaten Garut menyampaikan apresiasinya dan menyebutkan penyelenggaraan Galaksi di Sumedang sudah baik.

Namun, menurutnya, di balik suksesnya acara, tetap ada catatan yang harus diperbaiki. Di antaranya adalah lokasi penginapan peserta dan tempat perlombaan.

Penginapan yang disebar di 8 tempat berdampak pada terbatasnya akses silaturahmi para peserta. Tempat  lomba yang berjauhan juga menyebabkan sulitnya menyaksikan gelaran lomba.

“Saya sangat mengharapkan dapat menjalin silaturahmi dengan teman dan lain-lain, tapi karena letak penginapan yang jauh-jauh, jadi terbatas,” sambungnya.

Kabupaten Garut sendiri mengirimkan total peserta sebanyak 10 orang, dan mengikuti semua cabang lomba. may

Editor: Reza Hamdani Rohmawan

Mayang Anggarani
Mayang Anggarani
"Bergerak atau tergantikan." Reporter yang cekatan dan hobi solo travelling. [email protected]
https://katusba.com/author/mayang

Tinggalkan Komentar