FokusKatusba KatusbaNews

Tekan Mikro Plastik, BEM Unpad Gelar Aksi Bersih-bersih Sungai

Bagikan di:

katusba.com - BEM Unpad

KatusbaNews | Dalam rangka memperingati World Clean Up Day atau disebut juga Hari Kebersihan Sedunia, BEM UNPAD gelar bersih-bersih sungai, Sabtu (21/09/2019).

Kegiatan ini melibatkan elemen pemerintahan Kecamatan Jatinangor, termasuk muspika dan beberapa OKP seperti Manggala, Karang taruna, warga masyarakat dan Ansor Banser yang terlibat di dalamnya.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 06:30 WIB, berlokasi di sungai sekitar Desa Sayang, Cikeruh, dan Mekargalih. Dipilihnya ketiga desa tersebut lantaran di lokasi itu sering terjadi banjir setiap tahunnya.

Aksi bersih-bersih sungai ini bertujuan untuk meminimalkan banjir saat musim hujan datang. Selain itu juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Tujuan lainnya dilatarbelakangi hasil penelitian mahasiswa perikanan yang tergabung dalam BEM UNPAD. Hasil penelitian ini memperlihatkan dampak negatif bagi kehidupan, saat sungai dipenuhi sampah.

“Ketika ikan memakan plastik yang ada di sungai itu, akan membentuk zat yang bernama mikro plastik. Dan apabila ikan itu dimakan oleh manusia, bisa mengakibatkan suatu penyakit baru,” sebut Nanang, selaku penggerak kegiatan ini.

“Di sungai ini kami menemukan banyak sampah plastik, kain dan lain sebagainya,” kata Nanang, seraya berharap agar di musim hujan mendatang risiko banjir bisa diminimalkan. red

Acep Komarudin Hidayat
Acep Komarudin Hidayat
Tinggal di Jawa Barat, selalu tertarik pada dunia menulis dan literasi. "Allah's plan is bigger than your mistakes" [email protected]

Tinggalkan Komentar