News / Gaya Hidup

Lestarikan Permainan Tradisional, Cipanas Sumedang Rancang Wisata Edukasi

Lestarikan Permainan Tradisional, Cipanas Sumedang Rancang Wisata Edukasi

Gaya Hidup - Sulitnya menjumpai permainan tradisional memacu Pemerintah Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta, untuk merancang dan membuat objek wisata edukasi bagi anak-anak.

Wahana edukatif itu rencananya akan dibangun di wilayah Dusun Pangaroan, dan dinamakan Lahuta Mini Edukasi Adat.

"Pembangunan wahana ini baru dimulai beberapa hari. Nantinya, bakal ada fasilitas untuk bermain permainan tradisional seperti egrang, sorodot gaplok, congkak, oray-orayan, dan bancakan," ungkap Kepala Desa Cipanas Mohamad Asep Latipan, Jumat (21/2/2020).

Dikatakan Asep, Lahuta Mini Edukasi ini akan dibangun di atas lahan seluas 2 hektare yang berstatus tanah kas desa. Selama ini, lokasi tersebut merupakan lahan tidur.

Sebagai langkah awal, akan dibuat 20 bangunan tempat bermain di lokasi tersebut. Bangunan tersebut akan dibuat artistik dengan bahan utama bambu dan kayu.

"Kami memanfaatkan lahan tidur yang ada sekarang. Dari luas sekitar 32 hektare, yang akan kami gunakan baru sekitar 2 hektare," sebutnya.

Selain akan dibangun lokasi permainan tradisional, di area ini pun akan dibuat wedding area. Pembangunan objek wisata ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dan Pemerintah Desa Cipanas.

Dikatakan Asep, saat ini permainan tradisional kian sulit dijumpai.

"Tujuan kami membuat tempat edukasi ini adalah untuk melestarikan permainan tradisional. Anak-anak sekarang kan jarang yang tahu permainan tradisional. Kita juga ingin menurangi waktu anak bermain dengan gawai," ujar Asep. (*)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!