News / Gemah Ripah

Bikin Perda CSR, Bupati Sumedang Beberkan Prinsip 0 Rupiah

Bikin Perda CSR, Bupati Sumedang Beberkan Prinsip 0 Rupiah

Gemah Ripah - Bupati Kabupaten Sumedang H Dony Ahmad Munir menyebutkan 3 alasan kenapa pihaknya perlu mengajukan Raperda Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Dikatakan Dony, sebagai alasan pertama, perusahaan merupakan penggerak utama pembangunan ekonomi. Berikutnya, perusahaan mempunyai sumber finansial.

Sedangkan alasan ketiga, perusahaan sebagai mitra berpotensi besar dalam mengoptimalkan kesuksesan pembangunan di daerah melalui dana CSR bagi pembiayaan pembangunan baik sektor pendidikan, kesehatan, maupun infrastruktur yang berorientasi pada kesejahteraan warga.

“Pengetahuan teknologi dan kapasitas institusional dalam implementasi solusi ekologis berkelanjutan pada analisis level organisasi, merupakan hal yang tepat,” ungkap Dony, Senin (24/2/2020).

Banyak perusahaan, sambung Dony, yang berdiri di wilayah Kabupaten Sumedang, baik berupa kantor pusat, kantor cabang maupun berupa UPT.

“Kini sudah banyak dari perusahaan itu yang menganggarkan dana TJSLP atau CSR untuk pembiayaan pembangunan di Kabupaten Sumedang.”

“Tapi, belum memperoleh hasil yang optimal karena tidak dikelola dengan manajemen yang baik, di antaranya, pada beberapa SKPD, dana CSR masih dikelola sendiri oleh SKPD-nya, padahal prinsip pengelolaan dana CSR adalah nol rupiah,” papar Dony.

“Dalam penyaluran dana CSR ini, pemerintah tidak menerima uang satu rupiah pun dari perusahaan. Pemerintah hanya menerima hasil pekerjaan yang dibiayai dari dana CSR,” jelas Dony. (*)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!