News / Gemah Ripah

Pantai Parangtritis, Konon Tempat Bersemayam Kanjeng Ratu Kidul

Pantai Parangtritis, Konon Tempat Bersemayam Kanjeng Ratu Kidul

Gemah Ripah - Daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi pantai Parangtritis yaitu mengenai keberadaan penguasa laut selatan, yang bernama Dewi Nawangwulan dengan gelar Kanjeng Ratu Kidul, Selasa (23/02/2021).

 

Yogyakarta. Katusba.com - Pantai Parangtritis masuk dalam wilayah Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 36 km dari pusat kota Yogyakarta. Bila ditempuh dengan mempergunakan Kendaraan roda empat (R4) hanya memerlukan waktu tempuh satu jam perjalanan.

Ada sisi lain menurut pandangan para spiritualis dibalik keindahan dan pesona asri pantai ini, yakni kepercayaan bahwa di pantai Parangtritis tempat bersemayamnya Kanjeng Ratu Kidul. 

Pada masa pandemi sekarang ini, kunjungan para wisatawan lokal maupun mancanegara ke pantai Parangtritis mengalami penurunan yang cukup signifikan.

 

Seperti yang disampaikan oleh Rohmad (52) salah satu penjaga loket masuk area wisata Parangtritis,

 

"Situasi pandemi sekarang ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke area Parangtritis mengalami penurunan hingga 50% dibanding situasi normal," ungkapnya.

 

Ada tujuh lokasi wisata yang masuk dalam area Parangtritis, yaitu Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Parangkusumo, Gumuk Pasir, Taman Bunga, Makam Syech Maulana Maqribi dan Makam Syech Bela Belu.

 

Selanjutnya,

 

"Harga tiket masuk untuk seluruh area wisata sebesar Rp 9.750 per orang," terangnya.

 

Meskipun dalam masa pandemi seperti sekarang ini lokasi pantai Parangtritis masih ada pedagang makanan dan souvenir yang masih membuka warungnya.

 

Erni (49) salah satu pedagang makanan berharap agar pandemi Covid-19 segera berlalu.

 

"Semoga pemerintah segera mengumumkan situasi normal agar lokasi wisata ramai kembali," Pungkasnya penuh harapan. (*)

 

Reporter. Rido. B

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!