News / Gemah Ripah

Petani Karet Jambi Kecewa Akibat Pengusaha Jambi Kelola Hasil Tani Provinsi Lain

Petani Karet Jambi Kecewa Akibat Pengusaha Jambi Kelola Hasil Tani Provinsi Lain

Gemah Ripah - Salah satu perkebunan desa penghasil getah karet terbesar di Jambi ada di Desa Batin Ness Kampung 6 Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, Kamis (12/11/ 2020)

Jambi. Katusba.com

Perkebunan ini sangat sehingga mampu menghasilkan hasil getah karet lebih kurang 6.000 ton perhari.

 

Ditemui Katusba Kamis (12/11/2020)seorang tengkulak bernama Azwar berharap perusahan Jambi Fokus mengelola hasil tani Kebun Jambi, bukan mengelola hasil karet Provinsi Lain dengan demikian adanya peningkatan harga dan terkenalnya getah karet jambi.

 

Saat sekarang harga pembelian karet ke petani berkisar Rp 7,000/ kg.

 

Selaku tangkulak dengan keadaan ini mengaku prihatin, Ia berharap dan menginginkan harga getah karet bisa stabil tidak naik turun seperti saat ini.

 

"Semoga cepat di tindaklanjuti oleh pemerintah provinsi setempat, dengan harga karet yang tak berimbang dengan provinsi lain masyarakat merasa di anak tiri-kan, sedangkan getah karet untuk wilayah provinsi jambi sangat banyak dan bisa diolah dan mencukupi," katanya.

 

Lebih lanjut Azwar berharap,

 

"sebaiknya Provinsi Jambi fokus mengelola atau menampung hasil getah karet provinsi sendiri, supaya harga getah karet wilayah Jambi tetap posisi teratas bukan malah sebaliknya," keluh Azwar.(*)

 

Reporter : Kms.Budiman

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!