News / Gemah Ripah

Soal CSR, Bupati Sumedang Pastikan Peran Penting Forum TJSLP

Soal CSR, Bupati Sumedang Pastikan Peran Penting Forum TJSLP

Gemah Ripah - Agar penggunaan dana Tanjung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau dana CSR di Kabupaten Sumedang lebih tertata dan sesuai prosedur, maka dibentuk Forum TJSLP.

Forum ini terdiri dari unsur perwakilan perusahaan, akademisi, tokoh masyarakat dan perangkat daerah yang membidangi perencanaan.

“Pembentukan forum ini merupakan upaya koordinasi pemda dan perusahaan, untuk penggunaan dana CSR,” kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Rabu (26/2/2020).

Menurut Dony, Pemkab Sumedang merupakan penyampai informasi dan data guna menyelaraskan program TJSLP dengan program pemerintah daerah.

“Selain itu, juga menyampaikan program skala prioritas pembangunan dan usulan rekapan musrenbang desa atau kecamatan yang belum terlaksana, sebagai bahan dalam perencanaan program pada Forum TJSLP dan PKBL,” katanya.

Ke depan, akan diatur soal sanksi dan tindakan terhadap perusahaan yang tidak melaksanakan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam 2 tahun terakhir ini, besaran dan pengelolaan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan yang telah digunakan untuk membiayai pembangunan mencapai Rp2.868.114.000.

Pengelolaan dana sebelum terbitnya Perda CSR ini ditetapkan dengan mengacu pada ketentuan dalam Perbup No. 40 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

Jika Raperda TJSLP sudah disahkan nantinya, maka pengelola dana tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan selanjutnya akan mengacu pada ketentuan dalam Pasal 15 dan pasal 16 raperda ini. (*)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!