News / Hukum

RUU Ketahanan Keluarga Wajibkan Suami Istri untuk Saling Cinta

RUU Ketahanan Keluarga Wajibkan Suami Istri untuk Saling Cinta

Hukum - Rancangan Undang-undang (RUU) Ketahanan Keluarga menuai kontroversi. Calon undang-undang ini dianggap terlalu mencampuri ranah privat, bahkan hingga mengatur perasaan warga negara.

Pasal 24 ayat (2) mengatur bahwa suami istri diwajibkan untuk saling mencintai.

"Setiap suami istri yang terikat dalam perkawinan yang sah wajib saling mencintai, menghormati, menjaga kehormatan, setia, serta memberi bantuan lahir dan batin yang satu kepada yang lain," demikian isi pasal tersebut.

Pasal 26 mengatur soal hak suami istri. Pasal itu menyaakan pasutri berhak membangun keluarga yang tangguh dan berkualitas. Untuk itu, RUU mengatur hak pasangan yang sah untuk melakukan reproduksi.

"Menjalani kehidupan reproduksi dan kehidupan seksual yang sehat, aman, serta bebas dari paksaan, penyimpangan seksual, dan penyiksaan seksual," begitu bunyi pasal 26 ayat (1) huruf b.

RUU ini telah masuk ke dalam Prolegnas Prioritas DPR. Calon regulasi ini diajukan oleh 5 orang politikus, yakni Netty Prasetiyani dan Ledia Hanifa dari Fraksi PKS, Endang Maria Astuti dari Fraksi Partai Golkar, Sodik Mudjahid dari Fraksi Partai Gerindra, dan Ali Taher dari Fraksi PAN. (*)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!