KatusbaLifestyle

Ada Larangan Nulis Selamat Natal di Cake, Netizen Heboh

Bagikan di:
Ilustrasi

KatusbaLifestyle | Toko kue asal Korea Selatan, TOUS les JOURS, tengah jadi bahasan netizen. Hal ini dipicu viralnya foto yang diunggah akun Twitter @guritnaPramana.

Foto tersebut diunggah pada Kamis (21/11/2019), dan memamerkan ketentuan larangan penulisan ucapan pada cake yang bertentangan dengan syariat Islam.

“Referensi: Sistem Jaminan Halal-Produk-Profil produk tidak boleh menjual sesuatu yang tidak sesuai syariat Islam,” demikian tulisan di bagian awal peraturan itu.

Aturan itu pun merinci beberapa hal. Toko dilarang menulis ucapan yang berkaitan dengan perayaan di luar syariat Islam, seperti Natal, Imlek, Halloween, hingga Valentine.

Ucapan yang dibolehkan di antaranya adalah yang berkaitan dengan hari jadi pernikahan, promosi jabatan, I love you, hingga you are the best.

Diketahui, peraturan itu terpajang di salah satu cabang TOUS les JOURS di sebuah mal, Jakarta Selatan.

Sebagian besar warganet menilai hal itu sebagai sesuai yang kontroversial. Bahkan, banyak dari mereka yang menyayangkan sekaligus terkejut soal peraturan tersebut. Mereka menilai bahwa Indonesia adalah negara dengan keberagaman agama dan budaya.

“Meski mayoritas penduduk beragama Islam, tapi bukan berarti kita seenaknya buat aturan ‘syariat Islam’ di ruang publik NKRI,” tulis @msakili85.

“Laahh mendingan jualan kue maryam aja dah. Nama tokonya ganti jadi barokah sekalian,” timpal akun @wuri5helu

Menanggapi respons netizen, pihak TOUS les JOURS menyampaikan klarifikasinya melalui media sosialnya Facebook, Instagram, dan Twitter. Disebutkan, peraturan yang menuai kontroversi itu tidak diterbitkan pihak manajemen TOUS les JOURS. (*)

Editor: Reza Hamdani Rohmawan

Rosanti
Rosanti
Penulis yang serius tapi santai.

Tinggalkan Komentar