KatusbaLifestyle

Ani Nuraeni: Keluarga Penuh Konflik Sering Gagal Bentuk Karakter Anak

Bagikan:
Ilustrasi

KatusbaLifestyle| Dr. Ani Nuraeni, M.Pd yang juga merupakan dosen UPI Kampus Sumedang, secara aktif kerap menyampaikan penyuluhan bertema pembentukan karakter anak secara gratis, di Sumedang, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Target utama partisipan adalah para orang tua, tetapi dihadiri pula oleh ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta pendidik (guru SD) sebagai bagian dari stakeholder di masyarakat.

Ani sendiri tercatat telah menyampaikan penyuluhan pendidikan karakter anak sebanyak 12 kali sepanjang tahun 2019 di Kabupaten Sumedang.

“Pengaruh keluarga amat besar dalam pembentukan fondasi kepribadian anak. Keluarga yang gagal membentuk kepribadian anak biasanya adalah keluarga yang penuh dengan konflik. Tugas berat dari orangtua adalah meyakinkan fungsi keluarga, agar anak-anak merasa benar-benar aman dan nyaman,” tuturnya (10/12/2019).

Menurutnya, rumah adalah surga bagi anak. Mereka dapat dibentuk agar memiliki karakter seperti cerdas, shaleh atau shalehah, serta tercukupi lahir dan batinnya melalui pengasuhan orangtua di rumah.

Penyuluhan semacam ini telah dilaksanakan 3 kali, dan terakhir pada tahun 2019, bertempat di Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, Desa Cigentur, Kecamatan Paseh, dan di Kecamatan Ujung Jaya.

 “Untuk penyuluhan seperti ini sebaiknya sering dilakukan, tetapi tidak sangat sering juga, yang terpenting adalah ada tindak lanjut dari penyuluhan tersebut. Jadi bukan hanya sekadar penyuluhan,” sambungnya.

 “Penyuluhan ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya, dan memilih daerah-daerah yang membutuhkan penyuluhan,” pungkasnya. (*)

Editor : Suci Irawati