KatusbaLifestyle

Cara Jitu Biar Tetap Sukses Walau Diserbu Haters

Bagikan di:

Katusba.com | haters
Ilustrasi. net/kastuba.com

KatusbaLifestyle | Di era keterbukaan ini, kebebasan orang untuk mengekspresikan perasaan kian tinggi terutama urusan haters. Tak hanya perasaan cinta dan kesedihan. Perasaan benci pun tak jarang diumbar secara terbuka.

Lantas, bagaimana jika kebencian itu tertuju pada Anda?

Bisa jadi, hujatan dan serangan kebencian itu mengganggu perjalanan Anda mencapai kesuksesan.

Namun, sebenarnya Anda bisa menciptakan relasi positif dengan kaum haters sekaligus membantu mereka melawan kebencian itu. Bagaimana caranya? Simak deh.

1. Hindari emosi tinggi

Abaikanlah ragam komentar iri yang sarat kebencian. Mungkin pada awalnya terasa sulit. Namun, ketika Anda cuek, hal ini justru memperlihatkan sikap penyangkalan Anda.

2. Kuatkan hati, hindari rasa baper

Ketika seorang teman merasa benci dan iri pada Anda, masalah yang sebenarnya tidak terletak pada Anda, melainkan pada si pembenci. Maka, kuatkanlah rasa percaya diri. Jangan sampai kebencian orang lain jadi memicu keraguan pada diri sendiri.

3. Hadapilah para pembenci secara langsung

Sekali-kali, menghadapi para pembenci secara langsung tak ada salahnya. Ajak dia bicara atau diskusi mengenai tema yang sudah Anda kuasai dengan baik.  Dengan begitu, kelas Anda akan tampak.

Ajak dia secara halus dan persuasif untuk melawan perilakunya.

4. Hindari interaksi negatif

Ubahlah lingkungan sosial orang itu, agar ia kesulitan berkomentar negatif tentang Anda. Upayakan jumlah pendukung Anda lebih banyak dibanding teman-teman si hater, sehingga ia kesulitan menjalankan aksinya.

5. Hindari pembalasan

Hindari membalas perlakuan orang tersebut atau berkomentar negatif tentang dia. Hal ini justru bisa menurunkan pamor Anda, dan mengundang penilaian jelek. Buntutnya, bisa-bisa Anda dicap setali tiga uang dengan sang hater.

.6. Tetapkan batasan

Jika dia tak mau berhenti mengekspresikan rasa iri dan kebenciannya pada Anda, maka tetapkanlah batasan kapan Anda harus berhenti total merespons komentar-komentarnya. Ini penting agar Anda tidak terjebak pada situasi kontraproduktif. Bersihkan pikiran Anda, dan sebaiknya tetaplah fokus terhadap target-target yang ingin Anda raih.

Memang, menghadapi kaum pembenci terkadang bikin naik pitam. Namun tetaplah berkepala dingin dan berpikir jernih, sehingga tidak mengganggu semangat dan optimisme Anda dalam mencapai sukses. put

Elsya Tri Ahaddini
Elsya Tri Ahaddini
Penulis yang sudah berpuluh-puluh tahun bergelut dengan pena dan inspirasi. Senang cappuccino dan menulis. [email protected]

Tinggalkan Komentar