KatusbaLifestyle

Gak Pede karena Ketiak Hitam? Begini Cara Menghilangkannya

Bagikan di:

katusba.com | ketiak hitam

KatusbaLifestyle | Walau tersembunyi, kulit ketiak hitam bisa mengganggu rasa percaya diri, terutama kaum hawa.

Banyak yang menganggap ketiak hitam terjadi gara-gara kebiasaan mencukur ketiak. Fakta sebenarnya, ketiak hitam bisa dipicu oleh berbagai sebab. Maka, cara penanganannya pun berbeda-beda.

Idealnya, warna ketiak adalah serupa dengan warna kulit di bagian tubuh lain. Tetapi pada sebagian orang, permukaan kulit ketiak tampak hitam.

Warna hitam pada ketiak bisa disebabkan oleh iritasi yang memicu berlebihnya produksi melanosit. Melanosit adalah sel penghasil pigmen atau warna kulit alami.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini tumbuh subur jika tubuh sering berkeringat.

Penyebab lainnya adalah karena aktivitas hormon saat hamil dan kelebihan bobot tubuh.

Untuk menghilangkan warna gelap pada ketiak, tentu harus diketahui dulu penyebab utamanya. Jika karena iritasi, oleskan gel atau krim sebelum mencukur ketiak, untuk menghindari iritasi.

Untuk kulit sensitif, gunakanlah deodoran tanpa pewangi .

Beberapa jenis bahan alami seperti mentimun, lemon, kunyit, kentang, atau kulit jeruk, dipercaya bisa memudarkan warna hitam pada ketiak. Oleskanlah bahan-bahan ini setiap malam sebelum tidur.

Dokter mungkin akan menyarankan penggunaan krim yang mengandung hidroquinon, tretinoin, kortikosteroid, azaleic acid, AHA, atau asam kojik. Selain dengan obat, bisa dengan terapi laser dan dermabrasi.

Jika merasa tak nyaman dengan warna hitam pada ketiak, sebaiknya tidak ragu berkonsultasi dengan dokter kulit, agar dapat mendapatkan penanganan yang lebih tepat. drd

Elsya Tri Ahaddini
Elsya Tri Ahaddini
Penulis yang sudah berpuluh-puluh tahun bergelut dengan pena dan inspirasi. Senang cappuccino dan menulis. [email protected]

Tinggalkan Komentar