KatusbaLifestyle

Jus Kulit Jeruk Bisa Tangkal Corona? Ini Kata Peneliti

Bagikan:
Jeruk lemon

KatusbaLifestyle | Senyawa penangkal virus corona ternyata terdapat pada kulit jeruk. Hal ini disampaikan oleh tim peneliti dari IPB dan UI, yang telah menggelar penelitian bioinformatika untuk melawan virus corona (COVID-19).

Senyawa yang disebut-sebut ampuh mengusir virus corona berasal dari golongan flavonoid, di antaranya adalah hesperidin. Hesperidin ini punya khasiat memperkuat pertahanan tubuh terhadap mikroba dan virus.

“Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Jadi, selama tinggal di rumah, kita bisa membuat jus jeruk. Jangan lupa tambahkan sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih pada bahan jus,” kata Guru Besar IPB University sekaligus Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Irmanida Batubara, Sabtu (28/3/2020).

Jus yang mengandung kulit jeruk pastilah akan terasa pahit. Namun, justru rasa pahit itu merupakan tanda-tanda kandungan hesperidin.

Selain dibuat jus, boleh juga membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya yang telah dicuci bersih. Air akan melarutkan beberapa senyawa dari kulit jeruk, sehingga mudah dikonsumsi, walaupun rasanya tetap sedikit pahit.

Disebutkan Irmanida, semua jenis jeruk mengandung hesperidin.

“Jadi tidak harus jeruk buah ya. Boleh juga jeruk nipis, jeruk lemon, dan varietas jeruk lainnya,” ujarnya.

Selain jeruk dan kulitnya, bahan-bahan yang mudah ditemui seperti jahe merah dan jambu biji juga disebut-sebut bisa memperkuat stamina, sehingga mampu menangkal serangan virus. (*)