KatusbaLifestyle

Kopi Penambah Stamina Makan Korban, Begini Penjelasan Pakar Kesehatan

Bagikan di:

katusba.com - segelas kopi

KatusbaHealth | Belasan pria di Sumedang, Jawa Barat, mendadak pusing, mual, lemas, dan sulit berkata-kata, sesaat setelah minum kopi perkasa penambah stamina.

Sejak beberapa tahun lalu, sebenarnya produk kopi tersebut ada dalam catatan minuman yang disoroti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sebagai penambah stamina dan semangat, kopi jenis ini bekerja dengan memperlancar aliran darah. Dampaknya, jantung akan memompa lebih cepat. Jika intensitas denyut jantung terlalu melonjak, bisa berefek negatif bagi tubuh.

Ada jenis kopi ini yang dioplos dengan obat disfungsi ereksi, sildenafil. Efeknya buruk juga bagi jantung. Kondisi gemetar dan berdebar-debar biasanya akan didapat orang yang mengonsumsi kopi tersebut.

“Biangnya adalah sildenafil,” kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dian Zamroni, SpJP, FIHA, seperti dikutip dari detik.com, Senin Minggu (23/9/2019).

Sildenafil adalah senyawa kimia yang sering digunakan untuk mengatasi impotensi. Bahan ini juga menurunkan tekanan pada pembuluh darah arteri paru-paru. Ia bekerja dengan cara menekan aktivitas enzim phosphodiesterase-5 (PDE5), sehingga aliran darah meningkat.

Menurut dr Dian, kandungan bahan ini berefek vasodilator. Sedangkan vasodilator merupakan golongan obat yang berfungsi sebagai pelebar pembuluh, sehingga darah mengalir secara lancar.

Vasodilator diketahui memiliki efek samping, yakni detak detak jantung cepat, palpitasi jantung, retensi cairan, mual dan muntah, sakit kepala, dan pertumbuhan rambut yang berlebihan

Di Denpasar Bali, muncul kabar bahwa produk kopi ini pun beredar dan berisiko memakan korban. pra

Editor : Suci Irawati

Tinggalkan Komentar