KatusbaLifestyle

Punya Kekayaan 113 Triliun, Armand Wahyudi Tetap Hemat Listrik dan Air

Bagikan di:
Ilustrasi

KatusbaLifestyle | Orang bilang, jadi manusia tajir gak perlu ribet. Apa-apa tinggal pakai, apa-apa tinggal beli. Barang-barang pakai yang bermerk, boros dikit tak masalah.

Namun, hal itu tak berlaku bagi putra bungsu pemilik PT Djarum Robert Budi Hartono ini. Ya, Armand Wahyudi Hartono, anak orang terkaya nomor 1 di Indonesia ini tetap hidup hemat, meskipun punya duit berlimpah.

Armand yang juga Wakil Presiden Direktur BCA, dikenal tak boros dalam memanfaatkan yang maupun fasilitas yang dimilikinya.  

Walaupun memiliki kekayaan lebih dari Rp 113 triliun versi Forbes tahun 2015, namun Armand terbiasa hidup hemat. Di matanya, boros itu tak ada manfaatnya.

“Saya membiasakan diri hidup hemat. Mulai dari hal kecil seperti listrik itu ya, bisa kita saving. Kalau nyalain AC ya cukup sebentar. Kalau sudah dingin, begitu mau tidur, AC-nya kan kita matikan,” katanya.

Salah satu prinsip yang diterapkan Armand adalah SRI (Simpanan, Riset dan Investasi). Karenanya, dia senang memanfaatkan uangnya untuk menabug dan investasi.

Armand sangat menjaga gaya hidup sederhananya. Walaupun posisinya tinggi dalam perusahaan, namun dia tetap senang makan siang di kantin.

“Gaya hidup kan harus dijaga gitu lho. Sederhana saja. kalau ada relasi bisnis, barulah saja ajak makan di tempat yang bagus,” ucapnya, sumringah.

“Wong Jowo itu kan menganut falsafah cukup. Kita ini tak perlu menunjukkan kalau usaha yang kita miliki sudah besar. Cukuplah tunjukkan jika kita ini bisa menjadi institusi yang sehat dan terpercaya,” pungkasnya.

Armand juga dikenal hemat air. Saat mengambilnya di gelas, airnya tak pernah disisakan, dan selalu diminum hingga habis. Super sekali, ya. (*)

Rosanti
Rosanti
Penulis yang serius tapi santai.

Tinggalkan Komentar