KatusbaNews

Catat! Ini 8 Instansi yang Buka Formasi Bagi Disabilitas di CPNS 2019

Bagikan:

KatusbaNews | Dalam Seleksi CPNS Tahun 2019, pemerintah membuka peluang pada kaum disabilitas untuk turut berpartisipasi. Terdapat instansi dan formasi yang memberikan kesempatan bagi kaum disabilitas, di antaranya adalah

1. Pemerintahan DKI Jakarta

Situs bkddki.jakarta.go.id Pemprov DKI memiliki kuota bagi kaum disabilitas sebanyak 79 formasi. Di antaranya untuk lulusan perguruan tinggi jenjang Diploma III, Diploma IV dan Strata 1, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,50.

Peserta harus mengunggah surat keterangan resmi dari dokter pada rumah sakit pemerintahan yang menunjukkan derajat kedisabilitasannya.

2. Pemprov Jateng

Pemerintahan provinsi Jawa Tengah memiliki kuota khusus bagi disabilitas sebanyak 288 formasi.

3. Kemenkumham

Dikutip dari situs https://kemenkumham.go.id Kementerian Hukum dan Ham (Kemenhukam), dari total 2.406 kuota, disabilitas mendapatkan 19 formasi.

4. Pemprov Riau

Provinsi Riau memberi jatah 7 formasi untuk kaum disabilitas. Dari jumlah itu, sebanyak 3 orang untuk mengisi formasi guru Sekolah Dasar (SD), 2 kesehatan dan 2 tenaga teknis.

5. Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan 7 formasi untuk disabilitas.

6. Pemprov Sumut

Pemerintahan Sumatera Utara memiliki 6 formasi untuk posisi analis kelembagaan pembinaan pendidikan. Syaratnya adalah Sarjana Psikologi dan memiliki surat keterangan dokter rumah sakit yang menerangkan tingkat disabilitas.

7. Pemkab Banyuwangi

Di Kabupaten Banyuwangi ada 6 formasi untuk mengisi bagian tenaga pendidik untuk Sekolah Dasar (SD).

8. Pemkot Cimahi

Pemerintahan Kota Cimahi yang berlokasi tak jauh dari Kota Bandung memberi porsi sebanyak 2 formasi pada kaum disabilitas, untuk mengisi tenaga pendidik di Sekolah Dasar (SD). ros

Editor: Reza Hamdani Rohmawan