KatusbaNews

Darurat Corona, Bupati Sumedang: Bersihkan Sarana yang Kerap Disentuh Orang!

Bagikan:

 

KatusbaNews | Pemerintah Kabupaten Sumedang telah melakukan berbagai ikhtiar untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Selain meniadakan kegiatan belajar mengajar di semua sekolah selama 2 pekan, menutup sementara area publik, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang ditujukan kepada Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumedang.

Melalui SE Bupati Sumedang Nomor 443/1743/um Tahun 2020, PHRI diminta agar melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai pandemik Covid-19 pada seluruh karyawan di lingkungan kerja masing-masing.

“Intinya, selalu menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya dengan membersihkan atau mencuci alat-alat maupun sarana yang kerap disentuh banyak orang. Seperti handel pintu, tombol lift, railing tangga, dan kamar mandi,” katanya, Selasa (17/2/2020).

Deteksi dini terhadap seluruh tamu dengan mengukur suhu tubuh menggunakan thermal scanner, juga diimbau agar dilakukan pihak pengelola hotel, restoran, tempat wisata, dan pasar modern.

Selain itu, karyawan yang sakit demam, flu, batuk, pilek, agar dirumahkan, dan dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan.

“Upayakan juga agar tersedia fasilitas untuk cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau pencuci tangan (hand sanitizer) di berbagai lokasi strategis. PHRI agar betul-betul mensosialisasikan terkait virus corona ini,” tegasnya. (*)