KatusbaNews

Dear Anies, Ini Saran Jokowi Soal Banjir DKI

Bagikan:

KatusbaNews | Terkait banjir yang menggenangi beberapa titik di Ibu Kota DKI Jakarta gara-gara hujan lebat Selasa (18/12/2019), kemarin, Presiden Jokowi angkat bicara.

Menurut Jokowi, masalah utama di Jakarta itu hanya 2, yakni banjir dan kemacetan.

“Selama ini, pemerintah pusat juga berupaya membantu mengatasi permasalahan banjir dengan mempercepat pembangunan bendungan di wilayah Sukamahi dan Ciawi, di Jawa Barat,” katanya, Rabu (18/12/2019) .

Namun, dikatakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu, kedua bendungan memang tidak menjamin wilayah Ibu Kota bakal bebas banjir. Sebab, harus ada peranan ekstra dari pemangku kepentingan yang lainnya.

“Kalau bendungannya sudah jadi, akan bisa lebih dikendalikan. Hal yang juga penting untuk ngatasi banjir di Jakarta ya pembersihan got,” jelasnya.

“Selain itu, juga pelebaran dari sungai Ciliwung yang menyempit, dan pengelolaan pintu air yang ada, termasuk itu pengerukan waduk-waduk,” jelasnya.

Jokowi juga menyoroti upaya mengatasi kemacetan kronis di Ibu Kota. Salah satunya, dengan mengintegrasikan beberapa moda transportasi.

“MRT tahap satu selesai. Lalu membangun LRT, yang akhir 2021 nanti Insya Allah selesai. Ini, kan sangat mengurangi macet,” ucapnya. (*)

Editor : Suci Irawati