KatusbaNews

FPI Bilang Lidah Jadi Kelu Jika Kebanyakan Utang ke China

Bagikan di:
Munarman

KatusbaNews | Terkait tindak kekerasan terhadap muslim Uighur di Xinjiang, China, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko memperlihatkan sikap santai.

Bahkan, Moeldoko menyebutkan Indonesia tak akan mengintervensi urusan dalam negeri negara lain, termasuk China. Menurutnya, sikap semacam itu sudah sesuai dengan prinsip dalam hubungan internasional.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Umum DPP Front Pembela Islam (FPI), Munarman, buka suara. Menurut dia, memang lidah bakal jadi kelu jika terlalu banyak makan utang dari China.

“Konstitusi Indonesia dan Pancasila itu kan salah satunya adalah kemanusiaan yang adil dan beradab, dan misinya adalah menghapuskan penjajahan dari muka bumi. Kalau berpegang kepada konstitusi dan Pancasila, ya harusnya statement-nya itu tidak seperti itu,” kata Munarman, Rabu (25/12/2019).

“Nah, sekarang ketahuan tuh, siapa yang sesungguhnya tidak Pancasilais dan tidak komitmen tehadap konstitusi Indonesia,” ucapnya.

Munarman menilai sangat sulit berharap pada pemerintah Indonesia untuk mengambil sikap yang jelas terhadap masalah kaum minoritas Islam Uighur di China. (*)

Editor : Suci Irawati

Rosanti
Rosanti
Penulis yang serius tapi santai.

Tinggalkan Komentar